SUV atau MPV? Kenali Perbedaanya

SUV atau MPV? Kenali Perbedaanya

News

8 Dec 2022

Ternyata banyak pilihan juga bisa bikin kamu bingung. Seperti model mobil yang beredar di Indonesia. Dari sedan, hatchback, minivan, SUV hingga MPV. Terutama SUV dan MPV yang  memiliki bentuk serupa tapi tak sama. Sebelum kamu menentukan pilihan, ada baiknya pahami dulu kedua jenis yang serupa tak sama. Sebelum membahas lebih jauh mengenai perbedaan keduanya, mari kita kenali dulu masing-masing. 

SUV adalah singkatan dari sport utility vehicle. Mobil yang desainnya diadaptasi dari mobil offroad memang memiliki aksen sporty seperti namanya. Tujuannya diciptakan mobil ini agar mampu menempuh segala macam kondisi atau medan perjalanan. SUV sendiri dibagi lagi ke dalam tiga yaitu yang pertama adalah compact SUV atau sering disebut crossover dengan kapasitas 4 kursi penumpang. Jenis compact ini direpresentasikan dengan baik oleh Honda HR-V. Jenis yang kedua yaitu medium SUV dengan bodi yang lebih besar dan memiliki 3 baris kursi penumpang seperti Honda CR-V.  Jenis terakhir yaitu big SUV yang mampu berfungsi baik di daerah pegunungan.

Lalu bagaimana dengan jenis MPV? Dari singkatannya multi-purpose vehicle, MPV adalah sebuah mobil yang bisa digunakan secara multifungsi, yaitu bisa mengangkut penumpang juga bisa mengangkut barang. MPV memiliki tiga jenis. Low, medium dan Premium. 

Perbedaan Mobil SUV dan MPV. Setelah cukup memahami keduanya, perbedaan akan lebih mudah untuk diidentifikasi. Perbedaan ini dapat dilihat dari beberapa aspek, seperti kapasitas penumpang, kapasitas mesin, harga, bahan bakar hingga fungsinya. Perbedaan pertama dari kapasitas penumpangnya. Walaupun mobil SUV maupun MPV memiliki kabin yang cukup luas tetapi hanya MPV yang bisa menampung hingga delapan penumpang. Luas kabin mobil SUV sendiri lebih sempit. Untuk fungsi dari kedua jenis mobil ini dibedakan dari medan yang bisa dilewati. Mobil SUV lebih cocok digunakan untuk melewati berbagai medan menantang untuk olahraga maupun melewati pegunungan. Sedangkan mobil MPV lebih lekat dengan mobil yang sering digunakan oleh keluarga di dalam kota maupun mengunjungi luar kota. Meskipun pada mobil SUV memiliki tiga baris kursi penumpang, namun biasanya kursi penumpang baris belakang biasanya lebih rendah. Dengan kondisi seperti ini, tentu saja mobil SUV lebih boros dibandingkan MPV. Dari kapasitas mesinnya, mobil SUV dan MPV memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Pada umumnya mobil SUV memiliki kapasitas mesin di atas 1500 cc. Sedangkan mobil MPV di bawah 1500 cc.

SUV dan MPV juga bisa dibedakan dari material bodi mobil. Mobil SUV menggunakan bodi yang diposisikan di atas sasis, atau dikenal dengan istilah struktur body on frame dengan ground clearance-nya 200 millimeter akibat ban besar dan velg dengan ukuran 15 inci. Sedangkan mobil MPV didesain lebih tinggi dan lebih lebar agar memiliki ruang interior lebih besar. Inilah yang mengakibatkan MPV dikenal sebagai mobil keluarga. Yang terakhir bisa dilihat dari harga. Walaupun tetap memperhatikan merk maupun fitur premium, namun biasanya harga mobil MPV jauh lebih murah dibandingkan mobil-mobil SUV. Kamu tim SUV atau MPV?

Berita & Event Lainnya

Pelat Cantik Untuk Mobil Favoritmu

News

16 December 2022
Mobil kesayanganmu akan terasa semakin personal dengan pelat nomor pilihan yang sesuai dengan identitas atau kepribadian sendiri. Mulai dari tanggal lahir, angka favorit, nomor rumah, nomor keberuntungan hingga nomor cantik…
Kepolisian Republik Indonesia sudah mulai mensosialisasikan sistem baru bagi pelanggaran lalu lintas. Sistem baru yang akan disosialisasikan tersebut berupa sistem dengan akumulasi poin bagi pengendara yang tidak menaati peraturan dan…

Selamat Datang Di Indonesia, WR-V!

News

6 December 2022
Kabar gembira untuk Honda Lover penggemar SUV entry-level compact crossover. Pada awal bulan November 2022, PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan WR-V yang merupakan singkatan dari Winsome Roundabout Vehicle. Honda…