Mudik Menggunakan Mobil Pribadi? Inilah 6 Hal yang Perlu Diperhatikan!

Mudik Menggunakan Mobil Pribadi? Inilah 6 Hal yang Perlu Diperhatikan!

News

28 May 2022

Mudik Menggunakan Mobil Pribadi? Inilah 6 Hal yang Perlu Diperhatikan!

Libur lebaran telah tiba dan artinya mudik pun telah dimulai. Tradisi mudik atau pulang kampung sudah menjadi budaya turun-temurun yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia tiap menjelang lebaran sejak dulu. Namun, dua tahun terakhir ini pemerintah pun terpaksa melarang adanya kegiatan mudik menjelang lebaran akibat pandemi Covid-19. Kini, dengan adanya penurunan kasus penyebaran Covid-19, pemerintah Indonesia sudah mengizinkan masyarakat untuk mudik kembali.

Seiring diizinkannya kembali aktivitas mudik dalam rangka Hari Raya Idul Fitri oleh pemerintah, kepadatan pun mulai terjadi dimana-mana. Meski begitu, hal tersebut tidaklah menjadi penghalang bagi masyarakat untuk tetap mudik di tahun ini. Para pemudik pun bahkan rela menempuh perjalanan jauh demi berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. Ada yang menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta, atau pesawat, dan ada juga yang lebih memilih mudik menggunakan mobil pribadi dengan alasan kenyamanan.

Mudik menggunakan kendaraan pribadi menjadi pilihan mayoritas masyarakat Indonesia saat ini. Alasannya, berkendara sendiri terasa lebih bebas dan lebih nyaman, apalagi didukung dengan keberadaan jalan bebas hambatan atau jalan tol saat ini, yang membuat perjalanan menjadi lebih mudah dan lancar. Sebelum melakukan perjalanan jauh, hal utama yang perlu Anda lakukan adalah mengecek kondisi kendaraan. Nah bagi Anda yang juga memilih untuk mudik menggunakan mobil pribadi, berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan mudik Anda bersama keluarga terasa aman dan nyaman:

  1. Ban Mobil

Kenyamanan berkendara sangat ditentukan oleh kondisi ban mobil, sebab ban merupakan komponen mobil yang bersinggungan langsung dengan jalan. Oleh karena itu, pastikan ban dalam kondisi siap pakai, tidak kempes, botak, atau terdapat jendolan di permukaannya. Perhatikan juga apakah telapak ban belum aus, dinding ban tidak sobek atau benjol, dan tekanan angin terjaga. Jika ban sudah aus, lebih baik diganti karena kita tidak tahu seperti apa kondisi jalan nanti. Apalagi jika mobil akan diisi muatan penuh yang membuat ban harus bekerja keras menopang sekaligus mengendalikan laju mobil.

Selain itu, sebelum berangkat pastikan juga untuk mengecek tekanan angin. Apabila mobil mengangkut muatan penuh, Anda dapat menambah tekanan angin sesuai dengan saran dari mekanik atau petunjuk yang tertera pada mobil. Sebaiknya cek juga kondisi fisik ban di bengkel dengan melakukan spooring dan balancing. Meski harus mengeluarkan biaya ekstra, namun mobil dijamin akan jauh lebih nyaman saat dikendarai. Jangan lupa juga untuk mengecek kondisi ban cadangan dan pastikan tekanan angin serta fisik keseluruhan berada dalam kondisi siap pakai jika ban utama mengalami masalah.

  1. Oli Mobil

Selain ban, bagian lain yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah oli mobil. Oli merupakan cairan yang sangat dibutuhkan sebagai pelumas antar komponen dan membutuhkan penggantian cairan secara berkala. Oleh sebab itu, periksalah kondisi semua oli pada mobil, mulai dari oli mesin, oli transmisi, hingga oli gardan. Jika kondisi oli sudah tidak layak pakai atau habis, maka mobil pun dapat bermasalah di jalan. Jangan lupa untuk selalu mengecek oli gardan dan oli persneling yang terletak di bagian bawah mobil.  

  1. Rem dan Kaki-Kaki Mobil

Bagian mobil lain yang tidak kalah penting untuk dicek adalah rem dan kaki-kaki mobil. Kedua komponen ini sangat penting, bukan hanya untuk kenyamanan saja, namun juga keamanan dalam berkendara, terutama jika melakukan perjalanan jauh. Pertama cek minyak rem, jika kurang segeralah ditambah. Kanvas rem biasanya tidak harus selalu diganti dengan yang baru, cukup dibersihkan dari kotoran dan pastikan ketebalannya masih layak pakai. Pastikan juga tidak ada kotoran seperti endapan lumpur yang dapat menurunkan performa rem dan tidak ada kebocoran pada selang yang ditandai rembesan pada sambungan atau lekukannya.

Selain itu, Anda juga harus memeriksa kaki-kaki. Jika Anda mendengar bunyi asing saat melewati jalan yang kurang bagus, maka itu bisa jadi salah satu pertanda ada masalah pada kaki-kaki. Apabila mobil Anda mengalami hal seperti ini sebaiknya segera melakukan perbaikan di bengkel untuk memastikan perjalanan mudik Anda tetap aman dan nyaman.

  1. Filter Mobil

Selanjutnya adalah komponen filter atau saringan pada mobil. Sebelum berkendara, periksalah kondisi filter pada mobil, mulai dari filter oli, filter udara, filter bensin, hingga filter kabin atau filter AC. Peran filter tidak dapat dianggap sepele karena berfungsi sebagai penyaring kotoran yang mengganggu. Apabila filter kotor dan tidak diganti, maka akan terkontaminasi kotoran yang berdampak buruk terhadap kinerja mesin. Terutama filter kabin atau filter AC yang jika tidak diganti akan membuat udara AC yang berhembus menjadi kotor bahkan dapat membuat salurannya tersumbat.

  1. Aki dan Air Radiator

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum Anda melakukan perjalanan menggunakan mobil pribadi adalah aki dan air radiator. Aki merupakan sumber utama kelistrikan mobil yang harus dijaga. Jangan sampai kita kehilangan daya listrik dalam perjalanan yang membuat mesin mobil tidak bisa hidup. Oleh sebab itu, periksalah kinerja aki dan pastikan kondisinya masih aman digunakan untuk perjalanan jauh.

Selain aki, periksalah kondisi air radiator pada mobil. Air radiator sendiri berfungsi sebagai pendingin agar temperatur mesin stabil. Jika kondisi air radiator tidak bagus, maka perlu dikuras dan diganti dengan air yang baru, lebih baik lagi jika ditambah dengan cairan pendingin radiator untuk performa yang lebih maksimal. Cek juga air untuk wiper mobil atau air washer yang berperan dalam membantu wiper membersihkan kaca depan agar visibilitas pengemudi tetap terjaga.

  1. Lampu Mobil

Pemudik biasanya menempuh perjalanan panjang sehingga harus menghabiskan banyak waktu di jalan. Saat malam hari, tentunya kita tidak ingin lampu mobil tiba-tiba tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu, periksalah kondisi lampu mobil, mulai dari lampu utama, lampu kabut, lampu rem, dan lampu sein, sebelum berpergian. Jangan lupa juga untuk memeriksa soket lampu dan segera ganti apabila mulai bermasalah, untuk menghindari lampu mati dalam perjalanan. Bawa serta lampu cadangan, terutama lampu utama dan lampu rem belakang untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah berbagai bagian mobil yang perlu diperhatikan dan diperiksa sebelum Anda melakukan perjalanan mudik. Kondisi kendaraan merupakan hal vital yang berpengaruh terhadap keselamatan Anda dan keluarga di perjalanan. Oleh sebab itu, pastikanlah mobil dalam kondisi prima untuk dibawa dalam perjalanan jauh. Tidak hanya memeriksa komponen-komponen mobil, jangan lupa juga untuk selalu membawa perlengkapan darurat seperti peralatan P3K, segitiga pengaman, dongkrak, dan lain sebagainya. Dengan memastikan kendaraan dalam kondisi baik dan semua perlengkapan terpenuhi maka mudik pun terasa aman dan nyaman.

Yuk periksa kondisi mobilmu secara teratur! Tidak hanya performa kendaraan yang dapat terjaga, namun keselamatan juga menjadi hal yang utama. Mobil anda mengalami kerusakan? Ingin melakukan service berkala? Cukup hubungi Customer Care Honda Arta Cikupa di nomor telepon 021-2202-8899 atau whatsapp kami untuk informasi lebih lanjut terkait produk Honda dan berbagai layanan terbaik dari kami lainnya:

Honda Arta Cikupa

Jl. Raya Serang Km 14.5

Desa Dukuh, Cikupa

Kabupaten Tangerang

Telp (021) 22028899

Booking 0813-9850-6874 (WA Only)

Emergency 0811-8899-052

www.honda-arta.com

 

Berkendara tanpa rasa khawatir dengan perlindungan 24 jam bersama Honda Arta Cikupa

 

Sumber:

Berita & Event Lainnya

SUV atau MPV? Kenali Perbedaanya

News

8 December 2022
Ternyata banyak pilihan juga bisa bikin kamu bingung. Seperti model mobil yang beredar di Indonesia. Dari sedan, hatchback, minivan, SUV hingga MPV. Terutama SUV dan MPV yang  memiliki bentuk serupa…

Selamat Datang Di Indonesia, WR-V!

News

6 December 2022
Kabar gembira untuk Honda Lover penggemar SUV entry-level compact crossover. Pada awal bulan November 2022, PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan WR-V yang merupakan singkatan dari Winsome Roundabout Vehicle. Honda…
Pertama Kali di Dunia, Honda Luncurkan Honda WR-V Sebagai Small SUV Pertamanya di Indonesia Jakarta, 2 November 2022 – Untuk pertama kalinya di dunia, Honda meluncurkan Honda WR-V di Jakarta…