Berbagai Tips Dalam Melakukan Test Drive Sebelum Membeli Mobil

Berbagai Tips Dalam Melakukan Test Drive Sebelum Membeli Mobil

News

7 Feb 2022

Mobil tergolong barang mewah yang dapat dijadikan investasi. Untuk membelinya, minimal ratusan juta rupiah harus dikeluarkan oleh para calon pembeli. Oleh sebab itulah, sebelum memutuskan untuk membeli mobil, sebaiknya dipertimbangkan secara matang mobil mana yang akan Anda beli. Dari mulai fitur, spesifikasi, hingga biaya kepemilikan harus Anda pahami dengan baik. Selain itu, harus dibandingkan juga kelebihan serta kekurangan dari kendaraan pilihan Anda secara cermat. Secara garis besar, biasanya hal-hal tersebut dapat dilihat dari informasi yang terdapat di brosur, website, maupun media lainnya.

 

Namun, mobil-mobil tersebut dapat terlihat sempurna melalui foto-foto yang ada di iklan baik pada brosur, situs, ataupun media sosial. Terkadang calon pembeli juga terlena dengan fitur-fitur canggih yang ditawarkan tanpa mengetahui dengan baik apakah fitur tersebut sesuai dengan kebutuhannya atau tidak. Oleh sebab itulah, sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan, sangat disarankan para calon pembeli melakukan uji berkendara atau yang dikenal dengan test drive terlebih dahulu. Terutama jika pilihan mobil yang jadi incaran lebih dari satu.

 

Test drive berfungsi sebagai simulasi untuk mengetahui kondisi mobil yang sesungguhnya, mulai dari kenyamanan berkendara, kesesuaian dengan postur tubuh, hingga ketangkasan dapur pacu kendaraan. Melalui test drive, calon pembeli juga dapat merasakan performa kendaraan secara langsung, sehingga dapat menilai sendiri apakah mobil yang ingin dibeli sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya atau tidak. Oleh karena itu, test drive menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan sebelum memilih mobil, baik mobil baru maupun bekas.

 

Sebelum melakukan test drive, calon pembeli disarankan untuk melakukan riset terlebih dahulu dan mengerucutkan pilihan menjadi dua atau tiga unit kendaraan yang ingin dicoba. Setelah itu, hubungi dealer resmi untuk membuat janji dan jadwal untuk melakukan test drive. Jika jadwal untuk melakukan test drive sudah cocok, berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan dan diperhatikan oleh calon pembeli:

 

  1. Menentukan rute test drive

Berbicaralah dengan sales person mengenai rute test drive terlebih dahulu sebelumnya, sehingga calon pembeli dapat merasakan pengalaman mengemudi dalam beberapa kondisi jalan dan pengoperasian mobil yang berbeda. Hal ini bertujuan agar calon pembeli bisa mengetahui dan merasakan langsung bagaimana kemampuan mobil di semua kondisi jalan. Dalam melakukan test drive sebaiknya diutamakan untuk mencoba rute yang sesuai dengan penggunaan Anda sehari-hari. Jika sebagian besar perjalanan Anda ialah di jalan raya, maka pilihlah rute jalan raya. Namun bila perlu, lakukanlah test drive dengan beragam kontur dan kondisi jalan seperti jalan tanah, bebatuan, melintasi speed bump, jalan rusak, berliku, tanjakan, turunan, hingga macet. Dengan begitu, Anda pun dapat mengenali kemampuan dan karakter dari mobil pilihan Anda sebelum membelinya. Memperbanyak rute test drive juga bisa memaksimalkan performa kendaraan seperti akselerasi, tingkat kenyamanan kabin, setir, rem, handling, dan lain-lain.

 

  1. Mengenali fungsi dasar mobil

Dengan mengenali fungsi dasar mobil, mulai dari membuka pintu, merasakan kondisi kursi, serta aksesibilitasnya, maka diyakini mampu memenuhi kebutuhan informasi yang diperlukan calon pembeli. Perhatikan secara cermat dan rinci pengaturan kursi, fungsi lampu-lampu, spion, dan setir mobil dengan preferensi agar bisa mencoba mobil dalam kondisi yang nyaman. Tidak hanya itu, pastikan juga warna bodi mobil apakah serupa dengan yang ada di foto atau video. Anda juga dapat menanyakan soal dimensi kendaraan agar dapat disesuaikan dengan kondisi garasi atau lebar jalan di lingkungan sekitar Anda.

 

  1. Memahami fitur teknologi terkini

Saat ini, mobil-mobil modern telah dilengkapi oleh berbagai fitur teknologi yang canggih seperti adaptive cruise control, sun roof, ABS brake, serta fitur entertainment lainnya. Mungkin bagi sebagian calon pembeli, terdapat fitur-fitur yang masih asing terdengar. Oleh sebab itu, usahakan untuk bertanya secara rinci mengenai berbagai fitur teknologi terkini tersebut mulai dari cara pengoperasian hingga fungsi-fungsinya saat melakukan test drive. Dengan begitu Anda dapat mengenali mobil yang Anda inginkan dengan baik.

  1. Mempelajari sistem keselamatan

Keselamatan merupakan prioritas utama dalam berkendara. Maka dari itu sistem keselamatan menjadi nilai penting bagi para calon pembeli. Mencoba fitur keselamatan saat test drive bukan berarti Anda perlu menabrakan mobil ke tembok hingga mengeluarkan airbag, namun Anda dapat menguji sistem rear camera, blind spot monitor, rear cross traffic alert, lane departure warning, dan lain sebagainya. Seperti salah satu sistem keselamatan canggih yang dimiliki Honda bernama Honda Sensing yang bisa didapatkan dari produk-produk andalan Honda.

  1. Mencoba menjadi penumpang

Tidak hanya mencoba menjadi pengemudi, saat melakukan test drive sangat penting agar calon pembeli merasakan kenyamanan sebagai penumpang. Cobalah duduk sebagai penumpang, baik di kursi depan maupun di belakang. Mintalah sales person untuk menjadi pengemudi dan posisikan diri Anda sebagai penumpang apakah merasa nyaman atau tidak, apakah mobil memiliki peredam kebisingan dari luar secara baik, dan hal-hal lain terkait kenyamanan serta keamanan penumpang.

 

Setelah melakukan test drive dan merasa yakin dengan pilihan Anda, jangan sungkan untuk menanyakan juga interval perawatan kendaraan serta informasi mengenai biaya perawatan yang dianjurkan sesuai dengan garansi serta buku servis. Biasanya, sales person juga akan menawarkan promo diskon dan bonus menarik saat melakukan test drive yang dapat didapatkan oleh calon pembeli. Oleh sebab itulah, test drive menjadi hal yang penting dilakukan sebelum membeli mobil.

 

Tidak hanya dapat meyakinkan konsumen, tetapi test drive juga dapat menguntungkan Anda sebagai calon pembeli. Maka tak heran, berdasarkan data dari GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) hampir 80% warga Indonesia yang melakukan test drive di dealer maupun pameran otomotif akan melanjutkan proses pembelian.

 

Nah untuk Anda yang sedang mencari kendaraan baru di tahun ini, Honda Arta Cikupa mengajak Anda untuk menjajal ketangguhan dan kenyamanan berkendara dari All New Honda BR-V. Tertarik untuk melakukan test drive produk-produk unggulan Honda? Tunggu apalagi! Segera hubungi kami atau datang langsung ke Honda Arta Cikupa untuk informasi lebih lanjut dan atur jadwal test drive mu. Untuk pelayanan dealer resmi Honda terbaik:

Honda Arta Cikupa

Jl. Raya Serang Km 14.5

Desa Dukuh, Cikupa

Kabupaten Tangerang

Telp (021) 22028899

Booking 0813-9850-6874 (WA Only)

Emergency 0811-8899-052

www.honda-arta.com

 

Sumber:

Berita & Event Lainnya

Diskon PPnBM 2022 Resmi Diperpanjang

News

4 September 2022
Diskon PPnBM 2022 Resmi Diperpanjang   Pemerintah resmi memperpanjang diskon PPnBM mobil baru di tahun 2022. Melalui Kementerian Keuangan melanjutkan perpanjangan diskon PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah) untuk mobil baru…
Masih Jadi Andalan, Harga Jual Honda Brio Masih Tinggi Pada tanggal 17 Agustus 2022, Honda Brio resmi berumur 10 tahun. Perayaannya yang dilakukan oleh PT Honda Prospect Motor dan sejumlah…
Teknologi Hybrid dari Honda, Transisi Menuju Elektrifikasi di Indonesia   Pada ajang GIIAS 2022 Honda mengumumkan visi elektrifikasinya. Pengumuman yang ditandai dengan rencana untuk memperkenalkan dua model e:HEV di Indonesia…