Tak Perlu Khawatir, Berikut Hal-Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Seputar Program Recall

Tak Perlu Khawatir, Berikut Hal-Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Seputar Program Recall

News

22 Jun 2021

Sebagai kelanjutan kampanye recall yang telah berjalan sejak tahun 2020, PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali mengumumkan update jumlah unit mobil yang harus mengikuti program pemanggilan untuk perbaikan komponen fuel pump (pompa bahan bakar) di tahun ini. Sebanyak 94.443 unit kendaraan yang meliputi Honda Brio, Mobilio, Jazz, BR-V, HR-V, CR-V, City, Civic, dan Accord dengan tahun produksi 2019 akan terlibat dalam program recall dari Honda. Jumlah ini bertambah sebanyak 9.418 unit dari yang diumumkan sebelumnya pada bulan Juli tahun lalu.

 

Program pemanggilan kembali atau yang dikenal dengan istilah recall adalah suatu program yang biasa dilakukan oleh produsen untuk melakukan perbaikan terhadap produk yang sudah berada di tangan konsumennya. Langkah ini merupakan bentuk tanggung jawab dan kewajiban produsen terhadap konsumen dengan memperbaiki atau mengganti komponen yang bermasalah pada produknya. Artinya, program recall bukanlah tanda bahwa produk tersebut adalah produk gagal, melainkan hal ini merupakan niat baik dari produsen sebagai tindakan pencegahan kerusakan pada kendaraan milik konsumen.

 

Honda sebagai salah satu produsen otomotif global terbesar di dunia, selalu memastikan produk yang digunakan konsumennya selalu berada dalam kondisi prima dan aman. Oleh sebab itu HPM selaku perwakilan Honda di Indonesia telah menginformasikan kepada pemerintah untuk melakukan recall secara terbuka demi kepentingan konsumen. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub), secara resmi telah mengeluarkan aturan terkait program recall baik untuk mobil maupun sepeda motor. Kebijakan ini pun tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 33/2018 tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor menggantikan Keputusan Menteri No 9 tahun 2004.

 

Melalui aturan dan kebijakan tersebut, penarikan kembali atau recall bagi produk yang bermasalah sudah mulai dilakukan oleh produsen otomotif secara terbuka. Sementara itu, tata cara recall kendaraan yang lebih rinci diterbitkan lewat Peraturan Menteri Perhubungan secara khusus pada Ayat 6 pasal 79 dengan isi sebagai berikut:

  • Terhadap Kendaraan Bermotor yang telah memiliki SUT atau Surat Keputusan Rancang Bangun yang ditemukan cacat produksi, mempengaruhi aspek keselamatan, dan bersifat massal, wajib dilakukan penarikan kembali untuk dilakukan perbaikan.

  • Kendaraan Bermotor yang ditemukan cacat produksi, dan mempengaruhi aspek keselamatan serta bersifat massal, sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi:

  • Cacat desain; atau

  • Kesalahan produksi.

  • Terhadap kendaraan bermotor yang ditemukan cacat produksi, dan mempengaruhi aspek keselamatan serta bersifat massal sebagaimana dimaksud pada ayat (1) perusahaan pembuat, perakit, pengimpor wajib melaporkan kepada Menteri sebelum dilakukan penarikan kembali untuk dilakukan perbaikan. 

  • Perusahaan pembuat, perakit, pengimpor sebagaimana dimaksud pada ayat (3) wajib bertanggung jawab untuk melakukan perbaikan terhadap kendaraan bermotor yang ditemukan cacat produksi, dan mempengaruhi aspek keselamatan serta bersifat massal.

  • Terhadap kendaraan bermotor yang telah dilakukan perbaikan sebagaimana dimaksud pada ayat (4) wajib dilaporkan kembali kepada Menteri. 

  • Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara penarikan kembali kendaraan bermotor yang ditemukan cacat produksi, dan mempengaruhi aspek keselamatan serta bersifat massal sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan Peraturan Menteri tersendiri. 

 

Kampanye penggantian komponen Fuel Pump untuk tahun ini telah dimulai dari tanggal 4 Juni 2021. Program recall untuk perbaikan komponen fuel pump dilakukan sebagai tindakan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya mesin tidak dapat dinyalakan atau mesin berhenti beroperasi secara tiba-tiba saat mengemudi, yang dapat diakibatkan oleh fuel pump yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. Proses penggantian komponen memerlukan waktu sekitar 60-90 menit dan dapat dilakukan di seluruh bengkel resmi Honda di Indonesia.

 

Meski tidak ada batas waktu, Honda juga telah berupaya untuk menginformasikan dan mengundang konsumen yang mobilnya teridentifikasi untuk melakukan penggantian komponen secepatnya. Konsumen pun tidak perlu khawatir karena seluruh proses penggantian komponen dilakukan tanpa dipungut biaya apapun. Oleh sebab itu, Honda menghimbau bagi konsumen yang kendaraannya termasuk ke dalam program recall agar segera membawa mobilnya ke dealer resmi Honda untuk proses pemeriksaan dan penggantian komponen.

 

Berbagai upaya dilakukan oleh Honda untuk memastikan setiap konsumen dapat terus menggunakan produk Honda dengan aman dan nyaman. Untuk memberikan layanan yang terbaik terhadap konsumen, Honda juga menyediakan jasa Pick Up Service sesuai dengan ketersediaan layanan di masing-masing dealer resmi Honda. Anda pun dapat melakukan booking service dengan menghubungi bengkel resmi Honda terdekat atau melalui aplikasi Honda e-Care yang dapat di unduh pada App Store / Play Store.

 

Mobil anda terkena recall? Tidak perlu khawatir! Segera lakukan booking service di bengkel resmi terdekat atau datang langsung ke Honda Arta Cikupa untuk dilakukan penggantian. Apabila anda masih memiliki pertanyaan seputar program recall anda juga dapat menghubungi Customer Care Honda Arta Cikupa dari hari Senin – Jumat, pukul 08.00 s/d 17.30 WIB dan Sabtu, pukul 08.00 s/d 14.00 WIB di nomor telepon 021-2202-8899 atau whatsapp kami. Untuk informasi lebih lanjut terkait program recall dan berbagai layanan terbaik dari kami:

 

Honda Arta Cikupa

Jl. Raya Serang Km 14.5

Desa Dukuh, Cikupa

Kabupaten Tangerang

Telp (021) 22028899

Booking 0813-9850-6874 (WA Only)

Emergency 0811-8899-052

www.honda-arta.com

 

Sumber:

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/04/161100415/masalah-fuel-pump-ini-daftar-mobil-honda-yang-kena-recall.

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210604120527-384-650319/honda-tambah-recall-fuel-pump-di-indonesia-jadi-94-ribu-unit

https://www.gaikindo.or.id/sekilas-mengenal-recall-produk-kendaraan-dan-regulasinya-di-indonesia/

Berita & Event Lainnya

Bagi setiap pemilik kendaraan, servis berkala merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan jika ingin kondisi kendaraannya tetap terjaga dan tahan lama. Biasanya setelah selesai melakukan servis berkala, jika Anda mengecek…
Honda HR-V merupakan salah satu produk favorit para pengguna setia Honda. Bahkan pada bulan Januari hingga November tahun 2020 kemarin, Honda HR-V masuk ke dalam 10 besar mobil terlaris di…
Kesuksesan Honda menjadi salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia tentunya tidak terlepas dari kerja keras para pendirinya yakni Soichiro Honda dan Takeo Fujisawa. Tidak seperti Soichiro yang dikenal masyarakat…