Tahapan Dan Manfaat Layanan Body Repair & Paint Untuk Mobil Anda

Tahapan Dan Manfaat Layanan Body Repair & Paint Untuk Mobil Anda

News

21 Oct 2021

Bagi setiap pemilik mobil, masalah baret atau penyok dan kerusakan lain pada bagian body mobil bisa terjadi kapan saja meski sudah berhati-hati setiap kali mengendarai mobil. Selain itu, kerusakan pada body mobil juga bisa terjadi seiring berjalannya waktu dan usia pemakaian. Tipe dan tingkat kerusakan pun bermacam-macam tergantung penyebabnya. Contohnya, body samping mobil yang terkena batang kayu atau mengalami senggolan kecil maka bisa muncul goresan ringan yang menggores lapisan coating dan cat pada mobil.

 

Namun, kerusakan paling parah biasanya terjadi akibat kecelakaan yang kerap mengakibatkan penyok dari tingkat yang ringan hingga parah. Jika hanya mengenai bagian bumper mobil saja maka biasanya masih termasuk ringan dan mudah untuk diperbaiki. Tetapi jika kecelakaan merusak bagian pintu mobil, kap mesin, atau pintu belakang sehingga tidak bisa dibuka, maka diperlukan perbaikan secara menyeluruh karena jenis kerusakan sudah tergolong berat. Selain itu, masalah lain pada body kendaraan yang cukup sering ditemui adalah cat terkelupas. Untuk mengatasi semua masalah kerusakan tersebut Anda dapat segera melakukan body repair dan pengecatan ulang pada mobil Anda.

 

Sebelum Anda memutuskan untuk pergi ke bengkel dan melakukan perbaikan pada mobil, sebaiknya Anda mengenali terlebih dahulu pengertian, tahapan serta manfaat dari pelayanan body repair & paint agar dapat memutuskan perbaikan yang benar-benar dibutuhkan untuk mobil Anda. Body repair & paint adalah perbaikan dan pengecatan ulang pada bagian body mobil akibat tabrakan atau pemakaian sehari-hari yang meliputi perbaikan atau penggantian panel dengan menggunakan metode tertentu.

 

Manfaat utama dari layanan body repair adalah memperbaiki body mobil dari kerusakan dan mengembalikan kepada kondisi terbaiknya. Sedangkan layanan pengecatan bertujuan untuk mengembalikan atau memberikan warna baru pada mobil Anda akibat warna yang sudah kusam, body lecet atau tergores, dan hilangnya warna asli mobil akibat dari tabrakan. Pada umumnya, untuk melakukan perbaikan dari tingkat ringan hingga sedang, bengkel akan melakukan metode washer welder, palu on-off dolly, dan shinking. Sementara untuk perbaikan berat dilakukan melalui metode penyambungan atau penggantian panel dengan melakukan teknik CO2 mig ataupun mag welding.

 

Terdapat tiga tahapan utama yang biasanya dilakukan di bengkel dalam pelayanan body repair & paint pada mobil. Tahap pertama, bengkel akan melakukan identifikasi panel yang mengalami kerusakan. Kemudian tahap kedua, panel yang mengalami kerusakan akan dilakukan perbaikan yang terdiri dari pembersihan atau pengamplasan, pendempulan, hingga pengecatan ulang. Terakhir pada tahap ketiga, panel yang sudah diperbaiki akan dilakukan finishing dengan melakukan pemolesan menyeluruh supaya mengkilap.

 

Setelah melalui seluruh tahapan tersebut, maka Anda pun akan mendapatkan hasil finishing yang sangat memuaskan dengan kembalinya kilap mobil, bahkan ditambahkan berbagai perlindungan seperti anti karat dan anti jamur. Hasil ini tentunya berasal dari empat lapisan cat yang diberikan dalam layanan body repair & paint, yaitu lapisan primer yang mencegah karat besi pada mobil, lapisan surface sebagai pencegahan defect absorb, lapisan base coat sebagai warna utama dari mobil, dan terakhir clear coat yang berfungsi untuk mengkilapkan serta mencegah warna cat mobil menjadi pudar.

 

Wah ternyata banyak sekali ya manfaat dari layanan body repair & paint ini. Jadi pentingkah melakukan body repair & paint? Tentu saja jawabannya adalah sangat penting. Karena perbaikan yang dilakukan oleh bengkel bukanlah sekedar mengecat ulang mobil sehingga tampilannya dapat kembali indah. Namun, sebelum memutuskan untuk pergi ke bengkel dan melakukan perbaikan serta pengecatan pada mobil, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu, seperti pemilihan bengkel, kualitas pekerjaan, hingga harga yang ditawarkan. Pastinya Anda tidak mau kan kondisi mobil Anda semakin parah akibat memilih bengkel yang salah?

 

Tertarik dengan layanan body repair & paint untuk mobil Anda? Yuk ke Honda Arta Cikupa sebagai dealer showroom dan bengkel resmi Honda di Indonesia. Kami melayani penjualan dan perbaikan untuk semua tipe mobil Honda: Honda Brio, Honda Mobilio, Honda BR-V, Honda HR-V, Honda CR-V, Honda City, Honda Jazz, Honda Odyssey, Honda Civic (Sedan, Hatchback & Type R) dan Honda Accord.

 

Bengkel Honda Arta Body & Paint melayani berbagai jenis service rutin dan perbaikan kerusakan mobil seperti Body Repair (perbaikan pasca tabrakan), Painting/Polishing (pengecatan dan perawatan cat mobil), Reassembly (pembongkaran dan pemasangan kembali ketika dibutuhkan saat pengerjaan perbaikan), Cleaning (pembersihan bagian luar dan dalam mobil secara menyeluruh, termasuk mesin mobil) dan pastinya menjamin kualitas pengerjaan yang rapi dan profesional.

 

Honda Arta Body & Paint memberikan kemudahan, kenyamanan, dan transparansi di semua layanan kami. Anda juga dapat berkonsultasi via telepon atau whatsapp sebelum berkunjung ataupun langsung membawa mobil Anda ke lokasi kami dimana tim kami akan langsung membantu Anda. Untuk informasi lebih lanjut terkait produk Honda dan berbagai layanan terbaik dari kami lainnya:

 

Honda Arta Cikupa

Jl. Raya Serang Km 14.5

Desa Dukuh, Cikupa

Kabupaten Tangerang

Telp (021) 22028899

Booking 0813-9850-6874 (WA Only)

Emergency 0811-8899-052

www.honda-arta.com

 

Sumber:

Berita & Event Lainnya

Pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berjalan pada tanggal 11 – 21 November 2021 di ICE, Tangerang, booth Honda kembali menarik perhatian dengan menghadirkan Honda SENSINGTM Experience.…
Mungkin tak banyak yang tahu bahwa Honda juga memiliki mobil pickup yang menjadi salah satu produk andalannya, yaitu Honda Ridgeline. Di Indonesia sendiri mungkin nama ini masih terdengar cukup asing,…
Mengecek kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh merupakan hal yang wajib dilakukan agar dapat selamat sampai tujuan. Tidak hanya mesin, pengecekan pun sebaiknya dilakukan secara menyeluruh pada setiap bagian kendaraan,…