Pentingnya Penggantian Oli Pada Mobil

Pentingnya Penggantian Oli Pada Mobil

News

9 Feb 2021

Merawat mobil adalah sebuah aktivitas yang harus dilakukan para pemilik mobil. Perawatan rutin adalah kebutuhan dasar mobil jika ingin mobil awet. Akan tetapi, banyak pemilik mobil yang sering lupa untuk menjaga kondisi mobil mereka sehingga performa mobil tidak mencapai potensi maksimalnya. Salah satu bentuk kealpaan pemilik mobil adalah sering lupa mengganti oli. Apa saja sih akibat dari kelupaan kamu mengganti oli?

 

Penggantian oli yang tidak tepat waktu akan membuat mesin cepat panas. Salah satu fungsi dari oli adalah mendinginkan mesin. Kualitas oli akan menurun jika terus dipaksakan bekerja tanpa diganti begitu juga kemampuan mereka dalam mendinginkan mesin. Padahal, mesin yang overheating dapat merusak komponen lain dalam mobil hingga menimbulkan kepulan asap yang berujung pada kebakaran.

 

Selain itu, seperti yang sudah dijelaskan tadi, oli yang sudah lama tidak diganti akan menyebabkan kerusakan pada mesin. Hal ini terjadi karena oli yang sudah lama bernaung di dalam mobil akan menghitam dan kotor. Oli yang hitam pekat adalah ancaman bagi banyak komponen mesin terutama pada bagian piston dan silinder. Kotoran pada oli akan menyebabkan penyumbatan yang tidak bagus bagi sirkulasi oli pada mobil. Komponen yang rusak akan memperpendek umur mesin sehingga mesin yang seharusnya belum rusak menjadi cepat rusak.

 

Menunda penggantian oli juga akan merugikan kamu secara finansial. Selain kamu harus menghadapi komponen-komponen yang rusak, kamu juga harus siap-siap merogoh kocek lebih dalam berkali-kali karena tarikan mesin akan semakin berat karena oli tidak melumasi mesin secara menyeluruh. Alhasil, mesin membutuhkan sumber tenaga yang lebih besar dan tentunya bahan bakar yang lebih boros. Kamu akan merasakan bagaimana tarikan mesin yang berat dan kasar akan membuat kamu lebih sering berkunjung ke pompa bensin daripada dalam perjalanan ke kantor.




 

Setelah mengetahui konsekuensinya, yuk periksakan mobil secara rutin! Bengkel Resmi Honda tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Bagi kamu yang berdomisili di Cikupa dan sekitarnya, Honda Arta Cikupa menyediakan pelayanan servis oli mesin untuk menjaga performa mobil anda agar tetap maksimal di segala medan.


 

Honda Arta Cikupa

Jl. Raya Serang Km 14.5

Desa Dukuh, Cikupa

Kabupaten Tangerang

Telp (021) 22028899

Booking 0813-9850-6874 (WA Only)

Emergency 0811-8899-052

www.honda-arta.com

Berita & Event Lainnya

Tak dapat dipungkiri, kebijakan PPNBM dari pemerintah telah meningkatkan angka penjualan mobil di Indonesia pada 2021 kemarin. Peningkatan pun terlihat saat pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Sales (GIIAS) 2021 yang…
Setelah sukses merebut hati para penggemar setia Honda di Indonesia dengan All New Honda Civic RS, kini Honda kembali akan meluncurkan varian barunya yakni All New Honda Civic Type R.…
Honda N-ONE baru saja mendapatkan penghargaan “K Car of the Year” dari ajang Japan Car of the Year 2021-2022 yang diselenggarakan oleh Japan Car of the Year Executive Committee. Penghargaan…