Mobil Bensin vs Mobil Diesel

Mobil Bensin vs Mobil Diesel

News

6 Jan 2022

Sebelum mobil listrik diciptakan, mayoritas jalanan dipenuhi oleh mobil-mobil yang menggunakan mesin bensin dan mesin diesel. Meski sama-sama tergolong mesin dengan penggunaan bahan bakar minyak, tetapi keduanya ini ternyata memiliki perbedaannya masing-masing. Tidak hanya perbedaan, masing-masing juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. Jadi, ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu perbedaan beserta kelebihan dan kekurangan keduanya sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil serta menentukan jenis mesinnya.

Lalu, apa saja sih perbedaan dari mobil bensin dan mobil diesel? Dan apa kelebihan dan kekurangan di antara keduanya? Berikut ialah perbedaan serta kelebihan dan kekurangan dari mobil bermesin bensin dan bermesin diesel:

1. Jenis bahan bakar

Perbedaan utama dari mobil bensin dan mobil diesel terletak pada penggunaan jenis bahan bakarnya. Sesuai dengan nama dari keduanya, mobil bermesin diesel menggunakan solar, sedangkan mesin bensin menggunakan gasoline. Dalam proses pembakaran, komponen bahan bakar, salah satunya karburator, adalah hal yang cukup penting. Oleh sebab itulah, perbedaan bahan bakar dari keduanya ini akan berpengaruh pada proses kompresinya.

Pada mobil bermesin diesel, udara akan dikompresi terlebih dahulu hingga memanas. Ketika udara sudah mulai panas karena proses kompresi, bahan bakar disuntikkan ke dalam sehingga menghasilkan pembakaran yang kemudian memicu mesin untuk menyala. Kinerja mesin pun tidak bergantung pada busi, sehingga proses pembakaran terjadi lebih lama. Sedangkan pada mobil bermesin bensin, bahan bakar akan dicampur dengan udara lalu dikompresi dengan piston, kemudian dinyalakan oleh percikan api dari busi. Inilah alasan mengapa bensin lebih mudah terbakar pada titik suhu tertentu. Namun, dari semua perbedaan tersebut, keduanya sama-sama tetap memerlukan bantuan dari udara agar dapat menghasilkan pembakaran lebih baik. 

Sementara itu dari segi asap yang dikeluarkan dari hasil pembakaran bahan bakar, mobil dengan mesin bensin terlihat lebih bersih, meski sebenarnya mengandung lebih banyak polutan. Sedangkan mobil dengan mesin diesel, warna asap yang dikeluarkan terlihat lebih gelap, tetapi nyatanya lebih ramah lingkungan. Namun, kini para produsen otomotif pun sudah melakukan berbagai upaya untuk mengurangi bahaya yang dihasilkan dari gas buangan mobil produknya. Salah satunya dengan menerapkan standar emisi Euro 4 hingga penggunaan komponen-komponen yang mampu mengurangi bahaya gas buangan, contohnya catalytic converter.

2. Performa mesin

Selain penggunaan bahan bakar, perbedaan mobil bensin dan mobil diesel juga dapat dilihat dari segi performanya. Dari segi kekuatan dan ketangguhan, performa mobil bermesin diesel lebih unggul dibandingkan mobil bermesin bensin. Maka tak heran, apabila kendaraan bermuatan berat seperti truk dan bus mampu berjalan dengan membawa beban yang cukup berat. Tidak hanya itu, truk dan bus juga mampu menempuh perjalanan jauh dengan medan yang tidak mudah untuk dilalui.

Namun, bukan berarti mobil bensin lebih lemah dibandingkan mobil diesel. Sebab masing-masing mesin tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Terkait performa, mobil bensin cenderung lebih unggul dalam hal akselerasi dan responsif, sehingga mobil bensin terasa lebih cepat dan ringan saat memacu kecepatan dalam berkendara. Mobil bermesin bensin juga lebih cocok digunakan di daerah perkotaan dan untuk dipakai sehari-hari. Umumnya, mesin bensin juga memiliki daya kuda yang lebih besar daripada mesin diesel.

Walaupun mobil diesel dinilai lebih tangguh, namun mesin diesel cenderung lebih berisik dan lebih terasa getaran mesinnya dibandingkan mesin bensin yang biasanya lebih halus. Namun, para produsen mobil sudah menemukan solusi dari kekurangannya ini dengan memberikan turbo diesel pada beberapa mobil agar dapat mengurangi bising pada mesin. Perbedaan kedua jenis mesin ini berdampak pada kelincahan serta kekuatan kendaraan.

3. Biaya operasional dan perawatan

Terakhir ialah dari segi biaya operasional serta perawatan. Penggunaan bahan bakar mesin diesel biasanya lebih irit dibandingkan mesin bensin, sebab mesin diesel lebih efisien dalam mengolah bahan bakar menjadi tenaga yang maksimal. Sementara itu, mobil bermesin bensin butuh lebih banyak bahan bakar untuk menempuh jarak jauh. Tidak hanya itu, harga solar pun lebih murah dibandingkan bensin yang memiliki lebih banyak varian bahan bakar, mulai dari bensin beroktan 90, 92, 95, hingga 98 dengan harga yang berbeda-beda.

Sedangkan dari segi perawatan, mesin diesel lebih membutuhkan perhatian ekstra dibandingkan mesin bensin. Hal ini karena teknologi mesin diesel yang lebih kompleks sehingga tidak bisa sembarangan dalam perawatan komponen-komponennya, terutama di sistem ruang pembakaran yang lebih cepat kotor. Sementara untuk mobil bermesin bensin, perawatannya lebih mudah dan tidak terlalu rumit, sehingga biaya perawatannya pun cenderung lebih murah.

Nah, itulah tadi beberapa perbedaan dari mobil bermesin bensin dan mobil bermesin diesel. Tentunya, kedua jenis mobil ini pun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing ya. Keunggulan keduanya juga dapat dijadikan pertimbangan yang bisa digunakan sebelum memutuskan akan membeli mobil bensin atau mobil diesel sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Nah bagi Anda yang masih bingung dengan spesifikasi mobil apa yang cocok dengan Anda, tentunya Anda pun tak perlu khawatir. Cukup konsultasikan kebutuhan Anda dengan menghubungi Customer Care Honda Arta Cikupa di nomor telepon 021-2202-8899, atau whatsapp kami untuk informasi lebih lanjut terkait produk Honda dan berbagai layanan terbaik dari kami lainnya:

Honda Arta Cikupa

Jl. Raya Serang Km 14.5

Desa Dukuh, Cikupa

Kabupaten Tangerang

Telp (021) 22028899

Booking 0813-9850-6874 (WA Only)

Emergency 0811-8899-052

www.honda-arta.com

 

Sumber:

Berita & Event Lainnya

Tak dapat dipungkiri, kebijakan PPNBM dari pemerintah telah meningkatkan angka penjualan mobil di Indonesia pada 2021 kemarin. Peningkatan pun terlihat saat pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Sales (GIIAS) 2021 yang…
Setelah sukses merebut hati para penggemar setia Honda di Indonesia dengan All New Honda Civic RS, kini Honda kembali akan meluncurkan varian barunya yakni All New Honda Civic Type R.…
Honda N-ONE baru saja mendapatkan penghargaan “K Car of the Year” dari ajang Japan Car of the Year 2021-2022 yang diselenggarakan oleh Japan Car of the Year Executive Committee. Penghargaan…