Miguel Oliveira, Juara Perdana MotoGP Mandalika

Miguel Oliveira, Juara Perdana MotoGP Mandalika

News

28 Apr 2022

Gelaran perdana MotoGP Mandalika GP Indonesia yang berlangsung pada Minggu, 20 Maret 2022, akhirnya berhasil dimenangkan oleh pembalap Red Bull KTM, Miguel Oliveira. Hujan deras yang turun cukup lama di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat, membuat balapan diundur hingga 2 jam untuk memastikan kondisi lintasan benar-benar aman. Pit lane sendiri baru dibuka pada pukul 16.00 WITA dan balapan dimulai pada 16.15 WITA.

 

Selain diundur, jumlah lap pun berkurang dari 27 lap menjadi 20 lap. Jika sebelumnya jumlah lap dikurangi karena temperature trek sirkuit yang ekstrem, kini jumlah lap berkurang karena trek yang basah. Kondisi trek sirkuit yang basah juga membuat seri kedua MotoGp Mandalika 2022 ini berjalan dengan status wet race. Hal ini semakin menambah keseruan gelaran MotoGp Mandalika, sehingga balapan pun berlangsung dengan sangat menegangkan dari awal hingga akhir.

 

Sayangnya, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, terpaksa meninggalkan Pertamina Mandalika International Street Circuit lebih awal tanpa membawa poin. Pembalap yang telah mengoleksi delapan gelar juara dunia ini tidak bisa mengikuti balapan MotoGP Mandalika 2022 karena mengalami cedera kepala, setelah mengalami kecelakaan atau crash highside di tikungan 7 Sirkuit Mandalika pada sesi warm up atau pemanasan. Hal ini tentunya sangat disayangkan oleh para pecinta MotoGP, terutama penggemar Marc Marquez di Indonesia, yang sudah menunggu aksi dari pembalap idolanya tersebut.

 

Ini pun bukan pertama kalinya pembalap berkebangsaan Spanyol tersebut mengalami kecelakaan di ajang MotoGP. Tercatat, Marc Marquez sudah mengalami empat kecelakaan dalam rangkaian MotoGP Indonesia 2022. Marquez sebenarnya sudah kembali ke paddock Sirkuit Mandalika setelah menjalani pemeriksaan di salah satu rumah sakit yang terletak di Kota Mataram, NTB. Namun Marquez tidak diberi izin, baik oleh tim dokter Repsol Honda maupun MotoGP, setelah dinyatakan tidak fit untuk mengikuti balapan di Sirkuit Mandalika.

 

Balapan pun berlangsung dengan sangat sengit dan menegangkan dari awal hingga akhir. Pembalap asal Perancis, Fabio Quartararo (tim Monster Energy Yamaha), memulai balapan dari pole position ketika awal start. Namun, Quartararo harus kehilangan posisi terdepan saat memasuki lap ke-2. Setelah Oliveira dan Jack Miller (tim Ducati) berhasil menyalipnya di lintasan lurus terpanjang Sirkuit Mandalika, Quartararo pun langsung turun ke peringkat ke-3. Kemudian pada pertengahan lap ke-2, Jack Miller berhasil menyalip Oliveira dan memimpin balapan. Hingga lap ke-3, posisi pertama masih ditempati oleh Jack Miller, diikuti oleh Oliveira dan Alex Rins (tim Suzuki Ecstar).

 

Quartararo pun kembali turun ke peringkat 5 setelah disalip oleh Alex Rins dan Johann Zarco (tim Pramac Ducati). Masuk lap ke-4, dua posisi terdepan yakni Jack Miller dan Oliveira semakin menjauh dan terpisah dari rombongan. Selain itu, pembalap tim Pramac Racing, Jorge Martin, nyaris tergelincir ketika melintas di tikungan 17 Sirkuit Mandalika. Memasuki lap ke-5, Oliveira sukses menyalip Jack Miller untuk mengambil alih posisi terdepan dan menjaga selisih 1,125 detik hingga lap ke-6. Sementara itu, Jack Miller unggul 2,043 detik atas Alex Rins yang menempati posisi ke 3.

 

Pada lap ke-7, Andrea Dovizioso (tim WithU Yamaha RNF), mengalami masalah pada mesin motornya sehingga harus menepi. Insiden pun kembali terjadi pada awal lap ke-8, Jorge Martin tergelincir di tikungan 1 dan langsung terlempar ke area gravel, akibatnya ia tidak dapat melanjutkan balapan. Hingga lap ke-10, Miguel Oliveira masih memimpin balapan dengan keunggulan 2,970 detik atas Jack Miller yang berada di urutan ke 2. Perubahan posisi terjadi di tikungan 12 pada lap ke-10 setelah Johann Zarco sukses menyalip Alex Rins dan berada di posisi ke 3.

 

Miguel Oliveira pun semakin menjauh dan berhasil unggul 4,040 detik atas Jack Miller pada lap ke-12. Hingga lap ke-12, posisi 3 terdepan ditempati oleh Miguel Oliveira, Jack Miller, dan Johann Zarco. Namun, tak berlangsung lama, tepatnya pada lap ke-15, Quartararo sukses menyalip Johann Zarco di tikungan 1 dan berhasil menempati posisi ke 3. Kemudian setelah 2 lap berselang, Quartararo pun menunjukkan kehebatannya dengan menyalip Jack Miller dan merebut posisi runner up. Pembalap asal Portugal, Miguel Oliveira pun akhirnya berhasil mempertahankan posisi pertama hingga akhir balapan dan keluar sebagai juara perdana MotoGp Mandalika.

 

Memulai balapan dari urutan ke tujuh, Miguel Oliveira tampil sangat fantastis dengan memimpin balapan sejak lap ke-5. Tidak ada yang menyangka Miguel Oliveira dapat menjadi pemenang pertama dari balapan perdana di Sirkuit Mandalika. Ini merupakan kemenangan keempat Oliveira sepanjang karirnya di kelas MotoGP. Pembalap sekaligus dokter gigi ini berhasil naik podium MotoGP Mandalika 2022 dengan ditemani oleh Fabio Quartararo yang menjadi juara ke dua dan Johann Zarco sebagai juara ke tiga.

 

Keseruan MotoGP Mandalika 2022 tidak hanya dirasakan oleh masyarakat Indonesia saja tetapi juga para pecinta MotoGP di seluruh dunia. Hal ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita sebagai warga Negara Indonesia ya. Apalagi setelah Sirkuit Mandalika dinobatkan menjadi salah satu sirkuit tercantik di dunia. Wah tidak sabar ya rasanya untuk dapat menyaksikan gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika lagi.

 

Performa para pembalap MotoGP tentunya tidak terlepas dari dukungan mesin kendaraan mereka yang berkualitas. Ingin memiliki kendaraan dengan mesin yang berkualitas? Tunggu apalagi Sobat! Segera datang ke Honda Arta Cikupa atau hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai keunggulan dari produk-produk Honda. Untuk dealer dengan pelayanan terbaik:

 

Honda Arta Cikupa

Jl. Raya Serang Km 14.5

Desa Dukuh, Cikupa

Kabupaten Tangerang

Telp (021) 22028899

Booking 0813-9850-6874 (WA Only)

Emergency 0811-8899-052

www.honda-arta.com

Sumber:

Berita & Event Lainnya

Diskon PPnBM 2022 Resmi Diperpanjang

News

4 September 2022
Diskon PPnBM 2022 Resmi Diperpanjang   Pemerintah resmi memperpanjang diskon PPnBM mobil baru di tahun 2022. Melalui Kementerian Keuangan melanjutkan perpanjangan diskon PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah) untuk mobil baru…
Masih Jadi Andalan, Harga Jual Honda Brio Masih Tinggi Pada tanggal 17 Agustus 2022, Honda Brio resmi berumur 10 tahun. Perayaannya yang dilakukan oleh PT Honda Prospect Motor dan sejumlah…
Teknologi Hybrid dari Honda, Transisi Menuju Elektrifikasi di Indonesia   Pada ajang GIIAS 2022 Honda mengumumkan visi elektrifikasinya. Pengumuman yang ditandai dengan rencana untuk memperkenalkan dua model e:HEV di Indonesia…