Mengintip Tiga Generasi Awal Dari Honda Accord

Mengintip Tiga Generasi Awal Dari Honda Accord

News

22 Jun 2021

Siapa sih yang tidak mengetahui Honda Accord? Tidak hanya para penggemar produk Honda, hampir seluruh masyarakat terutama para pecinta otomotif pastinya mengenal sedan ikonik yang sudah melahirkan sepuluh generasi ini. Meski sudah menginjak usia 45 tahun, salah satu mobil legenda Honda ini masih diminati oleh banyak orang dan memiliki banyak penggemar setia di berbagai belahan dunia. Bahkan pada tanggal 12 Oktober 2020 kemarin, Honda pun kembali meluncurkan Accord generasi terbaru untuk model tahun 2021.

 

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1976, mobil Honda Accord atau Honda Akodo dalam bahasa Jepang, telah mencuri perhatian masyarakat global. Dipasarkan secara luas di seluruh dunia, Honda Accord bahkan menjadi salah satu mobil terlaris di Amerika Serikat. Sejak diluncurkan hingga saat ini, Honda Accord telah dipasarkan dengan berbagai model, mulai dari coupe, station wagon, hingga hatchback. Lalu bagaimana sih evolusi Honda Accord dari masa ke masa? Yuk, mari kita intip tiga generasi awal dari Honda Accord!

 

Generasi I (1976-1981)

Diproduksi di Minato, sebuah distrik di kota Tokyo, Jepang, pada tanggal 7 Mei 1976, Honda Accord lahir untuk pertama kalinya dengan model hatchback tiga pintu. Dilengkapi mesin 1.6 liter empat silinder dan dikombinasikan dengan transmisi manual lima percepatan, mobil generasi pertama ini dapat menghasilkan tenaga mencapai 68 hp. Dengan bobot 900 kg dan wheelbase 2296 mm, Honda Accord mengkombinasikan posisi duduk yang nyaman dengan konfigurasi panel indikator dan daftar fitur standar yang cukup panjang. Honda Accord dengan versi LX yang dilengkapi fitur lebih mewah seperti AC dan jam digital. Lalu selang tiga tahun sejak diluncurkan, atau tepatnya pada tahun 1979, diperkenalkanlah Honda Accord generasi pertama dengan versi sedan empat pintu. Kapasitas mesin pun dinaikkan menjadi 1.8 liter dengan tenaga yang dihasilkan sebesar 72 hp. Selain itu, terdapat pula penambahan fitur oil cooler, power steering, dan tachometer.

 

Pada tahun 1980, Honda Accord generasi pertama dengan sistem transmisi 3-speed matik diperkenalkan. Satu tahun berselang, Honda meluncurkan Honda Accord SE yang merupakan versi yang sangat mewah, lengkap dengan kursi kulit, power windows, door locks, alloy wheel, dan sound system premium, fitur-fitur yang biasanya hanya ditemukan pada sedan-sedan mewah Eropa. Honda Accord SE juga menutup versi terakhir dari generasi pertama Accord. Di tahun pertamanya, Honda Accord telah terjual 18 ribu unit dan permintaan pun terus meningkat, hingga mencapai 195.524 unit pada tahun 1982 sebelum generasi kedua diperkenalkan.

 

Generasi II (1981-1985)

Honda Accord generasi kedua memiliki bodi lebih besar dengan postur berbentuk boxy dan tampilan yang jauh lebih berbeda dibandingkan generasi pertama. Mobil ini juga menjadi mobil Jepang pertama yang dirakit di Amerika Serikat. Memiliki ukuran lebih panjang hampir 50 mm dan wheelbase hampir 75 mm, Honda Accord generasi kedua mempunyai peningkatan output mesin menjadi 75 hp. Dengan dibekali tambahan gearbox otomatis 4-percepatan pada tahun 1983 sebagai opsional, kapasitas mesin pun bertambah menjadi 1.830 cc dari 1.751 cc dengan tenaga mecapai 86 hp.

 

Di tahun terakhir generasi kedua Honda Accord, yakni pada tahun 1985, Honda juga mengeluarkan tipe Accord SEi dengan mesin injeksi bertenaga 101 hp. Terdapat juga beberapa penambahan fasilitas seperti power window, electric mirror, perubahan tampilan lampu depan dan belakang, serta perubahan mesin dari 8 valve menjadi 12 valve. Di Indonesia sendiri Honda Accord generasi kedua ini dikenal dengan nama “Honda Accord Executive”.

 

Generasi III (1985-1989)

Perubahan signifikan kembali dilakukan Honda pada Honda Accord generasi ketiga. Memiliki model bentuk coupe yang lebih ramping, mobil generasi ketiga ini terlihat lebih gagah dan sporty. Dengan tema “Bigger and Better”, Accord generasi III memiliki panjang 4.495 mm dan wheelbase yang naik hingga 147 mm. Tidak hanya perubahan tampilan yang cukup besar, namun secara mekanis generasi kali ini lebih hebat dibandingkan pendahulunya. Guna menyesuaikan ukuran bodinya yang membesar, mesin yang ditanamkan pun menjadi lebih besar yaitu 2.0 liter dengan produksi tenaga mencapai 98 hp untuk mesin karburator dan 110 hp untuk mesin injeksi.

 

Untuk pertama kalinya, Honda juga mengaplikasikan sistem suspense dengan desain double-wishbone pada seluruh roda. Dengan bodi yang lebih aerodinamis, konsumsi bahan bakar mobil Honda Accord generasi ketiga pun lebih efisien sehingga dapat mengejar kestabilan kendaraan. Selain itu, Accord generasi ketiga juga dibekali lampu depan dengan model pop-out yang menarik. Oleh sebab itulah, Honda Accord generasi ketiga ini pada masa itu menjadi pilihan bagi mereka yang ingin memiliki sedan dengan sentuhan sport yang kental.

 

 Itulah tiga generasi awal dari Honda Accord Sobat. Generasi mana yang menjadi pilihan favorit kalian? Wah tentunya kemunculan dari Honda Accord ini selalu ditunggu oleh banyak penggemar setianya ya. Masih penasaran dengan produk Honda Accord atau produk-produk unggulan Honda lainnya? Tunggu apalagi Sobat! Segera datang ke Honda Arta Cikupa atau hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Honda Arta Cikupa

Jl. Raya Serang Km 14.5

Desa Dukuh, Cikupa

Kabupaten Tangerang

Telp (021) 22028899

Booking 0813-9850-6874 (WA Only)

Emergency 0811-8899-052

www.honda-arta.com

 

Sumber:

https://www.inews.id/otomotif/mobil/10-generasi-honda-accord-dari-masa-ke-masa-begini-perubahannya

https://www.oto.com/artikel-feature-mobil/evolusi-44-honda-accord-dari-hatchback-sampai-turbo

https://hcai-official.id/sejarah-honda-accord-di-indonesia/

https://carvaganza.com/perjalanan-honda-accord-dari-hatchback-sampai-mesin-v6-bagian-1/

Berita & Event Lainnya

Terjadinya peningkatan kasus covid-19 di Indonesia saat ini membuat pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan PPKM darurat. Meski dianggap membatasi mobilitas dan ruang gerak masyarakat, namun penerapan peraturan ini merupakan solusi terbaik…
Demi mewujudkan pencapaian netralitas karbon dunia pada 2050 mendatang, Honda sebagai salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia, mengambil langkah besar untuk mempercepat pengembangan mesin ramah lingkungan. Honda pun memulai…
Banyaknya pekerja yang diharuskan WFH (work from home) membuat jalanan sepi dari kendaraan. Larangan untuk keluar jika tidak diperlukan dan banyaknya jalanan yang ditutup juga kian mengurangi mobilitas masyarakat. Kendaraan…