Mengetahui Pentingnya Servis Pertama Untuk Mobil Baru

Mengetahui Pentingnya Servis Pertama Untuk Mobil Baru

News

6 Jan 2022

Tak dapat dipungkiri, kebijakan PPNBM dari pemerintah telah meningkatkan angka penjualan mobil di Indonesia pada 2021 kemarin. Peningkatan pun terlihat saat pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Sales (GIIAS) 2021 yang diselenggarakan mulai dari tanggal 12-21 November 2021 di ICE BSD. Bahkan, sebagian produsen telah menerima pesanan mobil baru pada awal tahun ini. Tentunya kebijakan PPNBM ini dijadikan kesempatan bagi masyarakat untuk dapat memiliki mobil impian mereka.

Namun bagi para pemilik mobil baru, penting untuk diingat bahwa melakukan servis pertama perlu dilakukan untuk menjaga performa mobil, terutama terkait dengan garansi. Penting untuk diketahui bahwa waktu servis pertama mobil baru berbeda dengan perawatan rutin mobil yang sudah dipakai lama. Untuk mobil baru, umumnya servis pertama dilakukan ketika kendaraan sudah mencapai jarak tempuh 1.000 km. Sedangkan untuk mobil yang sudah lama dipakai, servis atau perawatan rutinnya dilakukan tiap jarak 10.000 km atau tiap 6 bulan sekali.

Tentunya perbedaan waktu perawatan tersebut pun beralasan. Servis pertama mobil baru dilakukan untuk pengecekan semua bagian, apakah ada malfungsi atau kelainan terutama pada mesin, rem, serta komponen lainnya. Hal ini penting untuk dilakukan sebab mobil baru yang dibeli dari dealer didatangkan langsung dari pabrik, sehingga saat sudah menempuh jarak 1.000km perlu dilakukan pengecekan pada berbagai komponennya. Umumnya terdapat 16 komponen yang diperiksa pada saat servis pertama untuk mobil, berikut ialah diantaranya:

  • Komponen tali kipas

  • Selang-selang serta sambungan sistem pendingin dan heater

  • Cairan pendingin mesin

  • Oli mesin

  • Pipa gas buang dan dudukannya

  • Aki

  • Minyak rem

  • Minyak kopling

  • Minyak power steering

  • Suspensi

  • Ban (termasuk ban serep)

  • Lampu, klakson, wiper

  • Kekencangan mur serta baut pada sasis dan bodi mobil

  • Cairan refrigerant pada AC

  • Pedal rem dan rem parker

  • Pedal kopling (untuk mobil manual)

Seluruh komponen tersebut akan diperiksa secara detail, mulai dari fungsi seluruh bagian interior atau ruang kemudi, seperti sistem kemudi, sistem keamanan, fungsi kelistrikan, AC dan head unit. Kemudian pemeriksaan akan berlanjut ke bagian eksterior, mulai dari bodi, pintu, dan fungsi penunjang seperti lampu mobil serta wiper. Setelah itu lanjut ke bagian yang agak berat yaitu mesin, mulai dari pemeriksaan oli mesin, tegangan fan belt, volume air radiator, minyak rem, serta pengecekan fungsi mesin secara umum. Terakhir akan dicek sistem penggerak seperti transmisi dan kopling, lalu bagian sasis yakni fungsi shock absorber dan rem mobil. Namun, pada servis pertama untuk mobil baru ini tidak perlu melakukan penggantian oli mesin dan belum ada proses penggantian suku cadang yang sifatnya rutin.

Dengan melakukan servis pertama untuk mobil baru, jika saat pengecekan ternyata ada komponen yang mengalami malfungsi maka bisa segera ditangani sebelum kerusakan merembet ke bagian lainnya. Selain itu, servis utama juga bertujuan untuk memastikan kondisi kendaraan sesuai standar dan berada dalam kondisi prima, serta mampu bekerja secara optimal. Oleh sebab itulah, servis pertama itu merupakan hal wajib yang tidak boleh dilewatkan dan menjadi syarat dari garansi yang diberlakukan. Apabila servis pertama sampai telat atau bahkan tidak dilakukan, maka garansi bisa menjadi tidak berlaku untuk kedepannya. Setelah servis pertama tentunya jangan lupa untuk melakukan perawatan secara berkala pada kendaraan Anda ya.

Yuk rawat mobilmu secara teratur! Tidak hanya performa kendaraan yang dapat terjaga, namun keselamatan juga menjadi hal yang utama. Mobil anda mengalami kerusakan? Ingin melakukan service berkala? Cukup hubungi Customer Care Honda Arta Cikupa di nomor telepon 021-2202-8899 atau whatsapp kami untuk informasi lebih lanjut terkait produk Honda dan berbagai layanan terbaik dari kami lainnya:

 

Honda Arta Cikupa

Jl. Raya Serang Km 14.5

Desa Dukuh, Cikupa

Kabupaten Tangerang

Telp (021) 22028899

Booking 0813-9850-6874 (WA Only)

Emergency 0811-8899-052

www.honda-arta.com

 

Berkendara tanpa rasa khawatir dengan perlindungan 24 jam bersama Honda Arta Cikupa

 

Sumber:

Berita & Event Lainnya

SUV atau MPV? Kenali Perbedaanya

News

8 December 2022
Ternyata banyak pilihan juga bisa bikin kamu bingung. Seperti model mobil yang beredar di Indonesia. Dari sedan, hatchback, minivan, SUV hingga MPV. Terutama SUV dan MPV yang  memiliki bentuk serupa…

Selamat Datang Di Indonesia, WR-V!

News

6 December 2022
Kabar gembira untuk Honda Lover penggemar SUV entry-level compact crossover. Pada awal bulan November 2022, PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan WR-V yang merupakan singkatan dari Winsome Roundabout Vehicle. Honda…
Pertama Kali di Dunia, Honda Luncurkan Honda WR-V Sebagai Small SUV Pertamanya di Indonesia Jakarta, 2 November 2022 – Untuk pertama kalinya di dunia, Honda meluncurkan Honda WR-V di Jakarta…