Mengetahui Keunggulan Teknologi Hybrid i-MMD Milik Honda

Mengetahui Keunggulan Teknologi Hybrid i-MMD Milik Honda

News

1 Sep 2021

Kecanggihan teknologi Honda memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Sejak dulu hingga kini Honda terus berinovasi dalam menciptakan teknologi baru untuk membuat dunia yang lebih baik. Hasil dari inovasi-inovasi Honda pun selalu ditanamkan pada produk-produknya. Maka tak heran, produk-produk Honda selalu unggul dan disambut dengan baik oleh masyarakat terutama para penggemar setianya.

 

Salah satu kecanggihan teknologi Honda yang dibenamkan pada produknya adalah sistem Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD).  Sistem i-MMD merupakan teknologi mesin hybrid yang menggabungkan kinerja motor dan mesin konvensional yang bekerja secara bergantian selama perjalanan sehingga lebih hemat bahan bakar tanpa menghilangkan akselerasi yang cepat dan responsif. Di waktu-waktu tertentu, motor berperan sebagai penggerak roda menggantikan fungsi mesin konvensional, alhasil, efisiensi bahan bakar yang didapat lebih baik daripada mobil yang hanya mengandalkan mesin konvensional saja.

 

Teknologi i-MMD juga lebih unggul dalam akselerasi dibandingkan mesin konvensional. Saat menginjak pedal gas, teknologi i-MMD menggunakan tenaga motor yang dapat memberikan respon lebih cepat sehingga waktu yang diperlukan untuk berakselerasi lebih singkat dibandingkan mesin konvensional yang biasanya membutuhkan waktu lebih lama dari sejak pedal gas ditekan hingga mobil melaju. Selain itu, teknologi i-MMD juga dapat mewujudkan akselerasi yang lebih responsif dan halus.

 

Efisiensi bahan bakar yang tinggi dapat tercipta berkat lima sistem berbeda yang terdapat pada teknologi i-MMD, yakni Generation and Driver Motors, mesin Atkinson-cycle, baterai lithium-ion, engine-linked clutch, dan sebuah Power Control Unit (PCU). Fungsi dari kelima sistem ini pun berbeda-beda. Generation and Drive motors menyediakan tenaga setara mesin 3.0L, sedangkan mesin 2.0L DOHC i-VTEC mewujudkan efisiensi bahan bakar dan memberikan output yang lebih besar saat dipadukan dengan tenaga listrik.

 

Sementara itu, baterai lithium-ion memiliki kapasitas penyimpanan daya listrik lebih besar sehingga mengurangi kerja dari mesin berbahan bakar minyak. Kemudian engine-linked clutch dirancang untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke setiap roda. Terakhir, ada Power Control Unit (PCU) yang berfungsi untuk mengontrol dua motor penggerak serta mengurangi suhu panas yang ditimbulkan oleh pemakaian tenaga listrik secara massif. Selain itu, PCU juga bertugas untuk memastikan pengoperasian yang stabil. Meski komponen PCU memiliki ukuran kecil, namun hal ini tidak mengurangi performanya.

 

Teknologi mesin hybrid i-MMD bekerja dengan menggunakan tenaga motor, tanpa perlu menyalakan mesin terus menerus. Teknologi ini juga memiliki tiga pilihan mode berkendara, yaitu EV Drive Mode yang hanya menggunakan tenaga baterai, Engine Drive Mode yang menggunakan bahan bakar bensin, dan Hybrid Drive Mode yang memadukan keduanya. Dengan ketiga pilihan mode tersebut, maka pengemudi pun bebas menentukan sensasi berkendara sesuai yang diinginkan.

 

Melalui keunggulan teknologi hybrid i-MMD, Honda ingin menunjukkan hasil inovasinya yang dapat menciptakan performa berkendara hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Tentunya hal ini sejalan dengan visi dan misi Honda yang akan terus berinovasi dalam menciptakan teknologi canggih untuk memudahkan mobilitas manusia di masa depan yang lebih baik lagi.

 

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai keunggulan teknologi hybrid i-MMD dari Honda? Tunggu apalagi! Segera hubungi Honda Arta Cikupa untuk informasi lebih lanjut mengenai inovasi dan produk-produk unggulan dari Honda lainnya. Untuk pelayanan dealer resmi Honda yang terbaik:

Honda Arta Cikupa

Jl. Raya Serang Km 14.5

Desa Dukuh, Cikupa

Kabupaten Tangerang

Telp (021) 22028899

Booking 0813-9850-6874 (WA Only)

Emergency 0811-8899-052

www.honda-arta.com

 

Sumber:

 

Berita & Event Lainnya

Bagi setiap pemilik kendaraan, servis berkala merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan jika ingin kondisi kendaraannya tetap terjaga dan tahan lama. Biasanya setelah selesai melakukan servis berkala, jika Anda mengecek…
Honda HR-V merupakan salah satu produk favorit para pengguna setia Honda. Bahkan pada bulan Januari hingga November tahun 2020 kemarin, Honda HR-V masuk ke dalam 10 besar mobil terlaris di…
Kesuksesan Honda menjadi salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia tentunya tidak terlepas dari kerja keras para pendirinya yakni Soichiro Honda dan Takeo Fujisawa. Tidak seperti Soichiro yang dikenal masyarakat…