Mengetahui Cara Merawat Aki Basah Agar Tetap Awet

Mengetahui Cara Merawat Aki Basah Agar Tetap Awet

News

28 Apr 2022

Seperti yang telah kita ketahui, aki memiliki peranan penting bagi sebuah kendaraan, khususnya pada sistem kelistrikan. Fungsi utama aki adalah untuk menyuplai daya listrik ke komponen-komponen mobil lainnya. Komponen ini juga berfungsi sebagai tempat atau wadah penyimpanan listrik yang diperlukan oleh kendaraan bermotor, seperti menyalakan starter elektrik, menyalakan lampu, menyalakan klakson, dan lain-lain. Oleh sebab itulah, jika aki tidak berfungsi sebagaimana mestinya maka kenyamanan pengendara dan penumpang mobil pun akan terganggu.

 

Aki sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu aki basah dan aki kering. Meski namanya berbeda, tetapi kedua benda ini sama-sama menggunakan cairan elektroda atau yang biasa disebut air aki. Aki basah merupakan jenis aki yang di dalamnya diisi dengan cairan sulphuric acid atau yang dikenal dengan asam belerang. Aki basah juga biasanya menggunakan cairan yang lebih encer. Sedangkan aki kering merupakan aki yang dikembangkan dari tipe aki basah, dan memiliki isi cairan elektrolit atau gel yang sudah tersimpan di dalam kondisi tersegel.

 

Jika dilihat dari segi harga, aki kering relatif lebih mahal daripada aki basah. Hal ini disebabkan aki kering lebih minim perawatan atau maintenance free. Sementara itu, aki basah harus sering dirawat agar tidak terjadi kerusakan yang nantinya akan merembet ke sistem kelistrikan kendaraan. Berbeda dengan aki kering, aki basah memerlukan beberapa perawatan supaya tetap awet dan dapat bekerja secara maksimal pada kendaraan Anda.  Oleh karena itu, untuk memastikan aki basah dapat berfungsi dengan baik maka diperlukan perawatan khusus yang harus dilakukan secara berkala. Berikut adalah cara merawat aki basah agar tetap awet:

 

  1. Melakukan pemeriksaan secara rutin.

Salah satu faktor utama dari masa pakai aki basah adalah pemeriksaan secara rutin. Dengan melakukan pemeriksaan aki basah secara rutin, maka Anda dapat mengetahui komponen apa saja yang harus diganti atau sudah rusak. Beberapa bagian yang bisa Anda cek adalah bagian penutup cairan dan bodi dari aki. Mulailah dengan mengecek keretakan di bagian bodi aki, tutup atau knop yang lengkap dan menempel kuat. Pastikan semuanya dalam keadaan normal dan tidak ada kabel yang mengelupas. Selain itu, pastikan juga tidak ada karat serta bekas pengapuran di bagian terminal atau katup positif dan negatif aki. Jika ada, maka sebaiknya langsung dihilangkan dengan amplas atau sikat kawat kemudian tutup bagian terminal aki dengan penutup karet.

 

  1. Memastikan air aki sesuai dengan ukuran.

Air aki merupakan salah satu komponen penting pada aki basah. Hal ini karena air aki lah yang bertugas dalam menyimpan cadangan listrik di dalam aki. Menjaga air aki tetap dalam kondisi penuh sangat diperlukan untuk mencegah elemen pelat kering sehingga tidak bisa menghasilkan muatan listrik sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu, air aki harus dicek secara berkala dan pastikan volumenya berada di batas antara lower level dan upper level atau jangan kurang atau kelebihan. Saat cairan aki berkurang, otomatis kemampuan aki dalam menyimpan listrik pun akan berkurang. Jika air aki kurang dari volume yang dianjurkan, maka Anda dapat menambahkannya hingga ke batas aman. Jangan lupa untuk memastikan air aki yang Anda gunakan bertutup biru atau air destilasi, bukan bertutup merah atau aki zuur.

 

  1. Memanaskan mesin kendaraan secara teratur.

Memanaskan mesin kendaraan secara teratur ternyata tidak hanya baik bagi mesin, tetapi juga dapat menjaga aki basah agar tetap awet. Sebelum digunakan, sebaiknya Anda memanaskan mesin mobil minimal 10 menit dahulu. Hal ini dilakukan untuk meratakan sirkulasi oli dalam mesin yang berhubungan dengan performa mobil, dan diharapkan mesin dalam kondisi maksimal agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Memanaskan kendaraan sebelum digunakan juga berfungsi untuk mengetahui apakah aki bekerja dengan normal atau tidak. Apalagi jika mobil ditinggalkan lama atau jarang dipakai yang dapat menyebabkan aki cepat soak. Selain itu, cara tersebut juga dilakukan agar arus listrik yang berada di dalam aki bisa terisi oleh alternator, sehingga kondisi arus listrik di dalamnya akan tetap stabil dan maksimal.

 

  1. Mematikan perangkat elektronik sebelum mematikan mobil.

Mungkin hal ini sering dianggap sepele oleh para pemilik mobil, namun sebelum mematikan  kendaraan, pastikanlah Anda mematikan dulu semua perangkat elektronik yang ada di mobil seperti radio, lampu, dan lain-lain. Hal ini bertujuan agar saat Anda menghidupkan mobil kembali, arus listrik dari aki hanya terfokus pada starter mesin saja, bukan perangkat lainnya. Tidak hanya itu, hal kecil seperti mematikan perangkat elektronik sebelum mematikan mobil ini juga dapat mempengaruhi usia pakai dari aki basah kendaraan Anda.

Nah itulah berbagai cara merawat aki basah agar tetap awet. Tidak seperti aki kering yang langsung buang dan ganti baru apabila rusak atau sudah soak, aki basah masih membutuhkan perawatan yang intensif untuk menjaga kinerjanya tetap maksimal. Perawatan yang dilakukan pun bukan hanya tentang isi ulang cairannya saat berkurang, tetapi juga berhubungan dengan perawatan kebersihan, pemeriksaan rutin, memanaskan mesin, dan lain-lain.

 

Dengan perawatan khusus yang dilakukan secara berkala, aki basah akan bekerja semaksimal mungkin sehingga daya pakai dan kekuatannya tidak akan kalah dengan aki kering. Jika tidak dirawat dengan benar, tidak hanya umur pakai aki yang akan semakin jauh berkurang, namun aki juga tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Oleh karena itu, jangan lupa untuk merawat aki basah kendaraan Anda dari sekarang secara berkala.

 

Yuk rawat aki mobil Anda secara berkala! Tidak hanya performa kendaraan yang dapat terjaga, namun keselamatan juga menjadi hal yang utama. Ingin melakukan penggantian aki dan perawatan aki basah pada kendaraan Anda? Cukup hubungi Customer Care Honda Arta Cikupa di nomor telepon 021-2202-8899 atau whatsapp kami untuk informasi lebih lanjut terkait produk Honda dan berbagai layanan terbaik dari kami lainnya. Dapatkan promo menarik penggantian aki hanya di:

 

Honda Arta Cikupa

Jl. Raya Serang Km 14.5

Desa Dukuh, Cikupa

Kabupaten Tangerang

Telp (021) 22028899

Booking 0813-9850-6874 (WA Only)

Emergency 0811-8899-052

www.honda-arta.com

 

Berkendara tanpa rasa khawatir dengan perlindungan 24 jam bersama Honda Arta Cikupa! Recharge your battery and recharge your day! 

Sumber:

Berita & Event Lainnya

Diskon PPnBM 2022 Resmi Diperpanjang

News

4 September 2022
Diskon PPnBM 2022 Resmi Diperpanjang   Pemerintah resmi memperpanjang diskon PPnBM mobil baru di tahun 2022. Melalui Kementerian Keuangan melanjutkan perpanjangan diskon PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah) untuk mobil baru…
Masih Jadi Andalan, Harga Jual Honda Brio Masih Tinggi Pada tanggal 17 Agustus 2022, Honda Brio resmi berumur 10 tahun. Perayaannya yang dilakukan oleh PT Honda Prospect Motor dan sejumlah…
Teknologi Hybrid dari Honda, Transisi Menuju Elektrifikasi di Indonesia   Pada ajang GIIAS 2022 Honda mengumumkan visi elektrifikasinya. Pengumuman yang ditandai dengan rencana untuk memperkenalkan dua model e:HEV di Indonesia…