Mengenal Lebih Dekat Takeo Fujisawa, Sang Co-Founder Dibalik Kesuksesan Honda

Mengenal Lebih Dekat Takeo Fujisawa, Sang Co-Founder Dibalik Kesuksesan Honda

News

26 Sep 2021

Kesuksesan Honda menjadi salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia tentunya tidak terlepas dari kerja keras para pendirinya yakni Soichiro Honda dan Takeo Fujisawa. Tidak seperti Soichiro yang dikenal masyarakat global sebagai ‘Bapak Pendiri Honda’, nama Takeo Fujisawa tampaknya terdengar asing bagi sebagian orang. Padahal melalui kontribusi besarnya mendirikan Honda bersama dengan Soichiro Lah, Honda kini dapat menjelma menjadi salah satu raksasa dalam industri otomotif dunia.

 

Takeo Fujisawa lahir di Koishikawa-ku (sekarang Bunkyo-ku), Tokyo, Jepang, pada tanggal 10 November 1910. Ia merupakan putra tertua dari dua bersaudara yang lahir dari pasangan Hideshiro Fujisawa dan Yuki. Setelah menekuni berbagai pekerjaan pada sektor perbankan dan sektor lainnya, ayah Takeo pun kemudian ditunjuk menjadi manajer Jitsueisha, sebuah perusahaan publisitas yang membuat slide iklan untuk ditampilkan di bioskop.

Pada tahun 1923, gempa bumi yang dikenal dengan nama Great Kanto telah meluluhlantakkan Jepang dengan sangat dahsyat. Peristiwa ini pun menjadi salah satu bencana alam terburuk yang pernah terjadi di negeri sakura. Takeo muda yang saat itu baru berusia 13 tahun dan berada pada tahun pertamanya di Sekolah Menengah Kyoka juga terkena imbasnya. Keluarga Fujisawa terpaksa meminjam uang untuk bertahan hidup setelah usahanya yang bernama Jitsueisha hancur akibat dari gempa bumi.

 

Dengan semangat pantang menyerah, Fujisawa pun terus berusaha untuk menghidupkan kembali industri film di Jepang. Sayangnya, berbagai usaha yang dia lakukan malah merusak kesehatannya dan dia pun menjadi cacat. Saat itu, Fujisawa muda memiliki mimpi untuk menjadi guru tetapi ia gagal dalam ujian sekolah resmi di Tokyo dan akhirnya bekerja sebagai profesional copyist untuk menghidupi keluarganya. Sedangkan di saat memiliki waktu luang, Fujisawa mencurahkannya untuk membaca literatur.

 

Pada tahun 1930, Takeo Fujisawa dipanggil untuk mengikuti wajib militer dan setelah satu tahun menjadi tentara ia pun melanjutkan pekerjaannya sebagai copyist. Pekerjaan permanen pertama Fujisawa dimulai pada September 1934 ketika dirinya berusia dua puluh tiga tahun. Dia bekerja untuk Mitsuwa Shokai, sebuah perusahaan dealer produk baja yang berlokasi di Hatchobori, Nihonbashi, Tokyo. Pekerjaannya saat itu ialah sebagai salesman keliling yang mengunjungi pabrik-pabrik kecil untuk mempromosikan produk baja Mitsuwa Shokai.

 

Ketika Takeo Fujisawa ditanya mengapa dia memilih pekerjaan tersebut di saat keterampilan interpersonalnya sangat lemah, ia hanya menjawab jika dirinya memiliki intuisi bahwa pilihan ini merupakan jalan yang harus ia ikuti. Benar saja, bakat terpendamnya tiba-tiba berkembang dan dia pun secara bertahap membangun relasi dengan berbagai klien baru. Bahkan, Fujisawa menjadi salesman terbaik di perusahaan tempatnya bekerja. Slogan “Always tell your clients the truth” yang ia adopsi dalam bekerja, membuat para klien selalu mempercayainya.

 

Jika suatu hari pengiriman barang terlambat, alih-alih berbohong ataupun membuat alasan kepada klien, Fujisawa lebih memilih untuk meminta maaf dan memberikan penjelasan yang sebenarnya tentang alasan keterlambatan. Dengan caranya bekerja inilah, Fujisawa dapat mengubah masalah menjadi kelebihan atau keuntungannya, sebab klien pun semakin percaya kepadanya. Tidak hanya meminta maaf, Takeo Fujisawa juga selalu menawarkan solusi pada klien dalam setiap permasalahan yang dihadapinya. Dengan begitu ia dapat memastikan bahwa hubungan kepercayaan dengan klien yang telah ia bangun tetap terjaga. 

 

Takeo Fujisawa mulai masuk ke Honda pada tahun 1949 saat baru didirikan dan dipromosikan pada tahun 1964 sebagai wakil presiden. Selang beberapa bulan sejak bergabung dengan Honda, Fujisawa telah menghasilkan lebih dari satu juta yen berkat bakatnya dalam penjualan. Ia pun membentuk tim penjualan baru dan pindah dari Tokyo ke daerah pinggiran. Hal ini ia lakukan agar para salesman dapat bertemu dengan pelanggan, pengecer, dan distributor secara langsung karena menurutnya keputusan yang efektif dapat dibuat dari kehadiran dan pengetahuan yang diberikan secara langsung.

 

Melihat betapa suksesnya Takeo Fujisawa di kemudian hari, sulit untuk membayangkan bahwa dahulu ia merupakan seorang pemuda pemalu dan pembicara yang buruk. Fujisawa merupakan sosok yang sangat teliti dan pemikir logis, ia pun memiliki citra sebagai orang yang sulit diajak berbicara dan kerap menghindarkan diri dari perhatian publik.  Tidak ada yang menyangka dirinya memiliki bakat dan kemampuan luar biasa dalam mengelola strategi penjualan serta keuangan.

 

Salah satu strategi pemasaran yang ia buat yakni Honda Cub F-Type berhasil menguasai 70% pasar penjualan otomotif pada saat itu. Dia juga lah yang menciptakan gagasan bahwa divisi riset harus terpisah dan bersifat independen dari Honda Motor sehingga kemudian didirikan Honda Motor R&D Co., Ltd., pada 1 Juli 1960. Meski terkenal dengan omelan dan ketegasannya dalam memimpin, para karyawannya mengaku bahwa mereka dapat belajar banyak dari sifatnya tersebut terutama dalam bidang penjualan. Ia pun selalu mendidik karyawannya untuk selalu tersenyum dan mengutamakan kejujuran dalam bekerja. Dengan prinsip dan cara kerjanya inilah Fujisawa dapat membangun kekuatan penjualan Honda dari bawah dan membuka jalan bagi perusahaan untuk berubah menjadi global brand hingga kini.

 

Wah ternyata banyak sekali pelajaran yang dapat diambil dari gaya kepemimpinan Takeo Fujisawa, sang co-founder Honda ini ya. Slogan “Always tell the truth” dari Takeo Fujisawa yang selalu ia tanamkan pada seluruh karyawan Honda dalam bekerja, tentunya membuat anda tak ragu dalam membuktikan kebenaran kualitas produk Honda bukan? Ingin membuktikan kualitas produk Honda? Tunggu apalagi! Segera datang ke Honda Arta Cikupa atau hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai keunggulan dari produk-produk Honda. Untuk dealer dengan pelayanan terbaik:

 

Honda Arta Cikupa

Jl. Raya Serang Km 14.5

Desa Dukuh, Cikupa

Kabupaten Tangerang

Telp (021) 22028899

Booking 0813-9850-6874 (WA Only)

Emergency 0811-8899-052

www.honda-arta.com

 

Sumber:

https://www.howold.co/person/takeo-fujisawa/biography

http://wapannuri.com/a.kepemimpinan/gaya-kepemimpinan-honda.html

https://www.automology.com/takeo-fujisawa-the-man-who-helped-build-honda/

Berita & Event Lainnya

Bagi setiap pemilik kendaraan, servis berkala merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan jika ingin kondisi kendaraannya tetap terjaga dan tahan lama. Biasanya setelah selesai melakukan servis berkala, jika Anda mengecek…
Honda HR-V merupakan salah satu produk favorit para pengguna setia Honda. Bahkan pada bulan Januari hingga November tahun 2020 kemarin, Honda HR-V masuk ke dalam 10 besar mobil terlaris di…
Jakarta, 21 September 2021 – PT Honda Prospect Motor memperkenalkan All New Honda BR-V generasi kedua untuk pertama kalinya di dunia dalam acara peluncuran virtual yang diadakan pada 21 September…