Mengenal Lebih Dekat Earth Dream Technology dari Honda

Mengenal Lebih Dekat Earth Dream Technology dari Honda

News

28 Apr 2022

Honda tidak hanya dikenal sebagai salah satu produsen otomotif terbesar di dunia, namun juga perusahaan yang selalu berinovasi dalam menciptakan teknologi-teknologi unggulan yang dapat membawa dunia menjadi lebih baik. Nah bagi para pengguna setia Honda, mungkin salah satu inovasi unggulan dari Honda yaitu Earth Dream Technology sudah tidak asing lagi, sebab teknologi ini memang biasa disematkan pada produk-produk Honda. Lalu apa sih sebenarnya teknologi Earth Dream dari Honda ini?

 

Earth Dream Technology adalah mesin ramah lingkungan yang ditawarkan oleh Honda. Teknologi ini dapat meningkatkan performa dalam mengemudi yang lebih baik dengan tingkat efisiensi bahan bakar yang lebih irit. Dengan teknologi Earth Dream tersebut, maka setiap mesin produk Honda tidak hanya memiliki performa yang baik dan irit konsumsi bahan bakar, namun juga sangat ramah lingkungan. Selain itu, pengemudi pun dapat dengan mudah mencapai tenaga maksimum lebih cepat. Melalui teknologi Earth Dream, mesin mobil pun bisa lebih hemat hingga 10-15% dari biasanya.

 

Pada dasarnya, Earth Dream Technology mengadopsi sistem VTEC pada mobil Honda sebelumnya, namun kembali ditingkatkan menjadi lebih efisien terhadap suhu tinggi. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir friksi dan beberapa optimasi lainnya, sehingga dapat menemukan kombinasi yang tepat agar mesin memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang sangat tinggi. Tidak hanya itu, hal tersebut juga berlaku bagi efisiensi setiap komponen pembakaran internal, termasuk mesin bensin dan diesel beserta sistem transmisinya, kemudian mesin bertenaga listrik (EV) dan teknologi motor listrik (FC).

 

Produk Honda pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi Earth Dream adalah All New Accord. Mesin Earth Dream Technology 2.4L DOHC i-VTEC yang diaplikasikan pada mobil ini merupakan teknologi mesin Honda dengan struktur mesin terbaru dan bobot yang lebih ringan, sehingga menghasilkan efisiensi dalam pemakaian bahan bakar namun tetap bertenaga. Dengan mesin tersebut, mobil All New Accord dapat memiliki tenaga sebesar 176 hp pada 6.200 rpm dan torsi maksimal di 225 Nm pada 4.000 rpm.

 

Selain All New Accord, Earth Dream Technology juga disematkan pada berbagai produk Honda lainnya, seperti All New Honda Civic 1.5 Turbo ES CVT. Tidak hanya bagian mesin, tetapi teknologi ini juga dibenamkan pada penerus daya mesin atau CVT (Continous Variable Transmission). Untuk bagian transmisi, teknologi ini membuat tenaga yang diteruskan ke roda menjadi lebih maksimal sehingga kinerja CVT juga lebih efisien. Respon CVT pun menjadi lebih kuat pada putaran mesin rendah. Selain itu, CVT akan selalu beroperasi dalam rpm optimal dalam semua kondisi berkendara.

 

Berikut adalah 6 fitur dengan penjelasannya masing-masing yang telah disusun Honda sebagai “Earth Dream Technology” terbarunya:

  1. Sebuah mesin bensin yang dapat memaksimalkan kinerjanya serta mampu mencapai tingkat efisiensi bahan bakar yang tinggi. Dengan mengadopsi teknologi mesin original Honda yaitu VTEC, dimana mesin bensin yang ditawarkan oleh Honda yaitu 660 cc, 1.3L, 1.5L, 1,8L, 2.0L, 2.4L dan 3.5L, mampu memberikan tingkat efisiensi bahan bakar yang lebih baik sebesar 10-15% dibandingkan mobil sebelumnya.

  2. Sebuah mesin diesel yang berbentuk lebih kompak dan memiliki bobot paling ringan di dunia, dan disertai akselerasi kinerja serta efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Honda memperkenalkan varian mesin baru untuk mesin dieselnya ini yaitu 1.6L di samping mesin 2.2L yang telah ada sebelumnya. Dengan mesin tersebut, tingkat bahan bakarnya mampu mengurangi kadar CO2 sebesar 15%.

  3. Sistem CVT yang menggabungkan tingkat kesenangan dalam berkendara yang tinggi disertai efisiensi bahan bakar juga. Desain baru teknologi CVT dengan Earth Dream Technology ini diklaim mampu menghemat tingkat bahan bakar sebesar 5-10%.

  4. Sistem dua motor (hybrid) yang lebih baik lagi. Tenaga baterai lithium-ion baru ini mampu memberikan daya sebesar 120 KW yang dirancang khusus untuk mobil plug-in hybrid dan listrik (EV).

  5. Sebuah efisiensi yang tinggi dari tenaga listrik SH-AWD yang menggabungkan antara pengendalian sistem kemudi yang lebih unggul dan kinerjanya terhadap lingkungan. Efisiensi ini ditujukan kepada mobil bermesin besar dengan menggabungkan mesin 3.5L V6 dengan sistem hybrid dimana akselerasi mesinnya setara dengan mesin V8.

  6. Efisiensi yang tinggi dan kompak terhadap powertrain listrik untuk mobil-mobil bertenaga baterai agar dapat menempuh perjalanan yang lebih nyaman lagi.

Nah, itulah tadi sedikit pengenalan mengenai Earth Dream Technology yang menjadi salah satu inovasi unggulan dari Honda. Tentunya, setiap inovasi dari Honda selalu sejalan dengan komitmen Honda untuk menciptakan kendaraan terbaik yang ramah lingkungan, sehingga dapat membuat dunia menjadi lebih baik lagi. Tidak hanya ramah lingkungan, kecanggihan teknologi dan kualitas terbaik yang ada di setiap produk Honda menjadikan produk-produknya selalu unggul dan diminati, baik oleh konsumen baru maupun para pelanggan setia Honda.

 

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai inovasi dan produk-produk unggulan dari Honda lainnya? Tunggu apalagi! Segera hubungi Honda Arta Cikupa untuk informasi lebih lanjut mengenai produk-produk mobil Honda dengan pelayanan dealer resmi Honda yang terbaik:

 

Honda Arta Cikupa

Jl. Raya Serang Km 14.5

Desa Dukuh, Cikupa

Kabupaten Tangerang

Telp (021) 22028899

Booking 0813-9850-6874 (WA Only)

Emergency 0811-8899-052

www.honda-arta.com

 

Sumber:

Berita & Event Lainnya

Diskon PPnBM 2022 Resmi Diperpanjang

News

4 September 2022
Diskon PPnBM 2022 Resmi Diperpanjang   Pemerintah resmi memperpanjang diskon PPnBM mobil baru di tahun 2022. Melalui Kementerian Keuangan melanjutkan perpanjangan diskon PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah) untuk mobil baru…
Masih Jadi Andalan, Harga Jual Honda Brio Masih Tinggi Pada tanggal 17 Agustus 2022, Honda Brio resmi berumur 10 tahun. Perayaannya yang dilakukan oleh PT Honda Prospect Motor dan sejumlah…
Teknologi Hybrid dari Honda, Transisi Menuju Elektrifikasi di Indonesia   Pada ajang GIIAS 2022 Honda mengumumkan visi elektrifikasinya. Pengumuman yang ditandai dengan rencana untuk memperkenalkan dua model e:HEV di Indonesia…