Mengapa Gasket Oil Drain Perlu Diganti Setiap Servis Berkala?

Mengapa Gasket Oil Drain Perlu Diganti Setiap Servis Berkala?

News

26 Sep 2021

Bagi setiap pemilik kendaraan, servis berkala merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan jika ingin kondisi kendaraannya tetap terjaga dan tahan lama. Biasanya setelah selesai melakukan servis berkala, jika Anda mengecek faktur yang didapatkan maka aka nada item ‘gasket oil drain plug’. Nah mungkin sebagian orang akan bertanya-tanya sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan gasket oil drain ini? Dan kenapa item ini selalu ada setiap melakukan servis berkala?

 

Gasket oil drain plug adalah segel penutup saluran pembuangan oli yang dipasang di antara lubang pembuangan dan baut. Gasket juga disebut sebagai segel mekanis yang mengisi ruang antara dua atau lebih permukaan komponen. Umumnya, gasket disematkan untuk mencegah kebocoran objek yang digabungkan saat berada di bawah kompresi. Beberapa gasket juga memerlukan aplikasi sealant langsung ke permukaan gasket agar dapat berfungsi dengan baik. Fungsi dari gasket oil drain plug ini ialah untuk merapatkan baut dan karter oli mesin dengan baut pembuangan oli.

 

Gasket sendiri berbentuk lingkaran dengan lubang seperti cincin yang menjadi tempat baut dicolokkan sebelum dipasang menutup saluran. Dilihat dari bentuknya, gasket terbagi menjadi beberapa macam, yaitu metal spring-energizing ring, metal c-ring, metal u-ring, metal o-ring, spiral wound, serta flat gasket. Materialnya pun berbeda-beda tergantung pabrik yang membuatnya, mulai dari kertas, karet, silikon, logam, gabus, karet nitrile, asbes, fiberglass, teflon, alumunium khusus, hingga polimer plastik. Sedangkan jika dilihat dari jenis materialnya, gasket terbagi menjadi beberapa tipe, yakni non-metalik, semi-metalik, dan metalik.

 

Meski bentuknya kecil, namun gasket ternyata memiliki peranan yang sangat penting terutama berkaitan dengan masalah keselamatan. Pemasangan gasket pada saluran pembuangan oli wajib dilakukan, agar penutupan saluran pembuangan lebih sempurna sehingga mencegah oli mesin bocor dan merembes keluar dari carter (tempat penampungan). Hal ini tentunya berpengaruh besar bagi keselamatan kendaraan baik untuk pengendara maupun para pengguna jalan.

 

Jika sampai terjadi kebocoran hingga kapasitas oli kendaraan menipis bahkan hingga habis, maka akan terjadi gesekan langsung antar logam di dalam ruang mesin. Akibatnya, komponen mesin akan haus lebih cepar, suara mesin menjadi kasar, serta terjadi overheating yang berpotensi memicu kebakaran. Sedangkan bagi pengguna jalan, jika terjadi kebocoran dan oli berceceran di jalan maka bisa membahayakan pengguna jalan lain terutama pengemudi sepeda motor. Para pengemudi sepeda motor ini mungkin menginjak oli tersebut secara tidak sengaja dan akhirnya tergelincir jatuh, bahkan dampak terburuknya bisa muncul korban jiwa.

 

Lalu mengapa gasket oli ini selalu diganti setiap servis? Alasannya ialah kualitasnya yang semakin lama semakin menurun. Dengan penurunan kualitas dari material gasket ini maka dikhawatirkan daya kerjanya sudah tak sebagus saat baru digunakan sehingga penyumbatan menjadi kurang sempurna dan oli mesin akhirnya merembes. Para mekanik di bengkel biasanya akan langsung melakukan penggantian dan tidak menawarkan opsi kepada pelanggan. Oleh sebab itu, bagi pelanggan yang melakukan penggantian oli sendiri sebaiknya juga mengganti gasket guna mengantisipasi terjadinya kebocoran.

 

Untuk mencegah gasket yang lama kelamaan akan melar, maka sebaiknya komponen tersebut diganti setiap servis berkala sebab berpengaruh terhadap efisiensi mesin kendaraan. Apabila tidak diganti, gasket oil drain plug ini dikhawatirkan akan rusak dan oli bisa merembes keluar dari karter, sehingga dapat mengakibatkan pembakaran yang kurang sempurna ketika berkendara. Saat mengencangkan pun tidak boleh sembarangan, akan lebih baik jika menggunakan kunci torsi.

 

Nah itulah tadi berbagai alasan mengapa gasket oil drain plug perlu diganti setiap servis berkala. Walaupun berbentuk kecil, namun keberadaannya tidak boleh dianggap sepele ya. Jika gasket tidak sering diganti maka akan berpengaruh terhadap kondisi kendaraan bahkan keselamatan Anda pun dapat terancam. Oleh sebab itulah jangan lupa untuk memperhatikan kualitas dari gasket Anda dan lakukan servis berkala secara rutin ya.

 

Yuk rawat mobilmu secara teratur! Tidak hanya performa kendaraan yang dapat terjaga, namun keselamatan juga menjadi hal yang utama. Mobil anda mengalami kerusakan? Ingin melakukan service berkala? Cukup hubungi Customer Care Honda Arta Cikupa di nomor telepon 021-2202-8899 atau whatsapp kami untuk informasi lebih lanjut terkait produk Honda dan berbagai layanan terbaik dari kami lainnya:

 

Honda Arta Cikupa

Jl. Raya Serang Km 14.5

Desa Dukuh, Cikupa

Kabupaten Tangerang

Telp (021) 22028899

Booking 0813-9850-6874 (WA Only)

Emergency 0811-8899-052

www.honda-arta.com

 

Sumber:

 

Berita & Event Lainnya

Honda HR-V merupakan salah satu produk favorit para pengguna setia Honda. Bahkan pada bulan Januari hingga November tahun 2020 kemarin, Honda HR-V masuk ke dalam 10 besar mobil terlaris di…
Kesuksesan Honda menjadi salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia tentunya tidak terlepas dari kerja keras para pendirinya yakni Soichiro Honda dan Takeo Fujisawa. Tidak seperti Soichiro yang dikenal masyarakat…
Jakarta, 21 September 2021 – PT Honda Prospect Motor memperkenalkan All New Honda BR-V generasi kedua untuk pertama kalinya di dunia dalam acara peluncuran virtual yang diadakan pada 21 September…