Keunggulan Fitur Honda Sensing Pada All New Honda BR-V

Keunggulan Fitur Honda Sensing Pada All New Honda BR-V

News

21 Oct 2021

Akhirnya All New Honda BR-V secara resmi dirilis di Indonesia pada Selasa, 21 September 2021. Peluncuran world premiere mobil baru yang akan menjadi andalan Honda ini dilakukan secara virtual dari Indonesia. Negara Indonesia sendiri menjadi pasar penting bagi Honda di kawasan Asia dan Oceania. Kehadiran All New Honda BR-V ini akan menggantikan generasi pertamanya yang sebelumnya diluncurkan pada tahun 2015 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS)

 

Generasi kedua Honda BR-V ini sebelumnya merupakan mobil dengan konsep N7X yang kemudian dikembangkan untuk memberikan definisi baru pada gaya, kenyamanan, dan performa untuk kesenangan berkendara bagi para pelanggan setia Honda. Kini All New Honda BR-V hadir dengan tampilan baru yang benar-benar berbeda dari model generasi sebelumnya. Beragam teknologi canggih yang belum pernah ada di generasi lalu, sekarang telah tersemat pada BR-V generasi baru. Bahkan fitur-fitur yang dimilikinya diklaim menjadi yang pertama di kelasnya, salah satunya ialah fitur Honda Sensing.

 

Honda Sensing merupakan rangkaian teknologi fitur keselamatan yang memberikan perlindungan aktif dan komprehensif bagi pengemudi, penumpang, serta para pengguna jalan. Cara kerja dari fitur ini ialah dengan mendeteksi dan memberikan peringatan secara otomatis untuk mengambil tindakan agar mengurangi resiko terjadinya kecelakaan. Serangkaian fitur-fitur yang menjadi bagian dari Honda Sensing pada All New Honda BR-V antara lain Lane Keeping Assist System, Adaptive Cruise Control, Lead Car Departure Notification, Road Departure Mitigation System, Collision Mitigation Brake System dan Auto High Beam. Berikut adalah penjelasan dari keunggulan fitur-fitur tersebut:

 

1.    Lane Keeping Assist System (LKAS)

Lane Keeping Assist System bertugas dalam membantu kemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada pada jalur dengan mendeteksi marka jalan di kiri dan kanan mobil, kemudian mengoreksi setir jika mobil terdeteksi keluar dari jalur. Jadi ketika sistem mendeteksi pengemudi mulai menyimpang dari jalurnya, maka sistem akan memberikan getaran atau torsi ringan pada setir mobil. Tujuannya ialah untuk memberi peringatan kepada pengemudi untuk melakukan koreksi arah setir mobil. Namun, perlu diingat bahwa sistem ini bukanlah pengganti dari kontrol kendaraan.

 

2.    Adaptive Cruise Control (ACC)

Adaptive Cruise Control berfungsi untuk membantu menjaga jarak kestabilan kecepatan kendaraan dan mengatur jarak di belakang kendaraan yang terdeteksi di depan. Ketika sistem ini aktif, maka akan secara otomatis menjaga kecepatan dan jarak dengan mobil di depan. Sistem ACC ini juga akan membantu mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan tanpa harus menginjak rem atau gas apabila kendaraan di depan terdeteksi mengurangi kecepatan atau berhenti. Tetapi perlu diketahui bahwa terdapat batasan untuk sistem ACC, sehingga tetaplah gunakan pedal rem kapan pun jika dibutuhkan dan selalu jaga jarak aman dengan kendaraan lain.

 

3.    Lead Car Departure Notification (LCDN)

Lead Car Departure Notification merupakan fitur terbaru Honda Sensing yang hadir pertama kalinya di All New Honda BR-V. Sistem ini akan memberikan peringatan kepada pengemudi jika mobil di depan mulai bergerak lagi melalui deteksi dari radar pada sistem. Jadi, ketika mobil dalam kondisi berhenti di jalan kemudian kendaraan di depan mulai berjalan dan pada jarak tertentu pengemudi belum juga menginjak gas, maka sistem akan memberikan notifikasi berupa suara dan gambar di panel instrumen untuk membantu mengingatkan Anda.

 

4.    Road Departure Mitigation System (RDM)

Road Departure Mitigation System berguna untuk menjaga dan membantu pengemudi ketika sistem mendeteksi adanya kemungkinan kendaraan Anda keluar dari garis jalur dan/atau meninggalkan jalan. Sistem ini akan memberikan peringatan ke pengemudi berupa getaran di setir dan visual di panel instrumen.

 

5.    Collision Mitigation Brake System (CMBS)

Collision Mitigation Brake System memiliki tugas dasar untuk membantu Anda ketika terdapat kemungkinan kendaraan berbenturan dengan kendaraan lain atau pejalan kaki yang terdeteksi di depan. CMBS dirancang untuk dapat memberi tanda ketika potensi berbenturan dapat terjadi, kemudian membantu mengurangi kecepatan kendaraan untuk mengurangi dampak benturan yang tidak terhindarkan. Jadi sistem ini akan membantu pengemudi agar terhindar atau juga meminimalisir tabrakan, dengan mendeteksi bila ada halangan atau rintangan yang beresiko ditabrak oleh kendaraan Anda. CMBS akan memberikan peringatan ke pengemudi, namun jika tidak ada reaksi dari pengemudi maka sistem akan langsung mengambil alih dengan melakukan panic braking.

 

6.    Auto High Beam (AHB)

Auto High Beam dapat diaktifkan saat Anda berkendara di atas kecepatan 30 km/jam dengan posisi tuas lampu diputar dari off ke posisi auto. Sistem ini secara intuitif akan berganti antara lampu besar dan lampu normal tergantung pada situasi jalan.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai berbagai keunggulan yang ditawarkan dari fitur Honda Sensing pada All New Honda BR-V yang baru saja dirilis di Indonesia. Teknologi Honda Sensing dari Honda, senantiasa mengedepankan kenyaman dan dirancang untuk membantu Anda sepanjang perjalanan. Fitur keselamatan canggih Honda ini merupakan yang pertama kali bagi model Honda BR-V dan segmen low SUV. All New Honda BR-V memadukan ketangguhan SUV dan kenyamanan sebuah MPV dengan memanfaatkan platform generasi terbaru. Tentunya dengan dibekali sejumlah teknologi modern untuk memberikan kenyamanan hingga keselamatan dalam berkendara.

Wah sangat menarik sekali ya fitur-fitur yang melengkapi All New Honda BR-V ini. Tertarik dengan keunggulan yang ditawarkan oleh fitur Honda Sensing? Atau ingin mengetahui berbagai fitur unggul lain dari All New Honda BR-V? Tunggu apalagi! Segera hubungi kami atau datang langsung ke Honda Arta Cikupa untuk informasi lebih lanjut mengenai All New Honda BR-V. Untuk pelayanan dealer resmi Honda terbaik:

 

Honda Arta Cikupa

Jl. Raya Serang Km 14.5

Desa Dukuh, Cikupa

Kabupaten Tangerang

Telp (021) 22028899

Booking 0813-9850-6874 (WA Only)

Emergency 0811-8899-052

www.honda-arta.com

 

Sumber:

 

Berita & Event Lainnya

Pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berjalan pada tanggal 11 – 21 November 2021 di ICE, Tangerang, booth Honda kembali menarik perhatian dengan menghadirkan Honda SENSINGTM Experience.…
Mungkin tak banyak yang tahu bahwa Honda juga memiliki mobil pickup yang menjadi salah satu produk andalannya, yaitu Honda Ridgeline. Di Indonesia sendiri mungkin nama ini masih terdengar cukup asing,…
Mengecek kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh merupakan hal yang wajib dilakukan agar dapat selamat sampai tujuan. Tidak hanya mesin, pengecekan pun sebaiknya dilakukan secara menyeluruh pada setiap bagian kendaraan,…