Kembangkan Mobil Listrik, Honda Mencari Mitra Baru

Kembangkan Mobil Listrik, Honda Mencari Mitra Baru

News

29 Jul 2021

Demi mewujudkan pencapaian netralitas karbon dunia pada 2050 mendatang, Honda sebagai salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia, mengambil langkah besar untuk mempercepat pengembangan mesin ramah lingkungan. Honda pun memulai langkahnya dengan memusatkan sumber daya perusahaan pada riset dan pengembangan teknologinya. Langkah ini merupakan salah satu titik awal Honda untuk mencapai target yang diinginkannya, yakni seluruh produk Honda bebas emisi karbon pada 2040.

 

Pada bulan April 2020 lalu, Honda telah membuat penelitian baru yang disebut Innovative Research Excellence, Power Unit & Energy sebagai langkah awal dalam mengembangkan teknologi Fuel Cell Vehicle (FCV) dan kendaraan listrik berbasis baterai atau Battery Electric Vehicle (BEV) yang menjadi produk utama dari Honda. Beberapa produk dari proyek penelitian dan pengembangan mobil listrik ini pun telah diluncurkan Honda. Salah satunya ialah mobil Honda CR-V PHEV berbekal mesin hybrid yang diluncurkan melalui gelaran Auto China 2020

 

Melalui penelitian dan pengembangan tersebut, Honda berharap dapat membuat perubahan besar dalam mengembangkan proyek mobil listrik demi membantu mengurangi emisi karbon dunia. Honda juga kian mempercepat inisiatifnya dengan menargetkan 2 per 3 dari seluruh penjualan unit mobil globalnya pada tahun 2030 nanti terdiri dari mobil listrik. Meski sulit, namun tantangan besar ini harus dilakukan Honda demi terciptanya lingkungan sehat untuk dunia yang lebih baik.

 

Agar target yang telah ditetapkannya dapat segera tercapai, Honda pun kini sedang mencari mitra baru dalam mengembangkan kendaraan listrik. Presiden, CEO dan Representative Director Honda Motor Co., Toshihiro Mibe mengatakan, langkah tersebut diambil agar biaya yang dikeluarkan untuk proyek pengembangan ini akan lebih efisien. Honda juga tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan sesama pabrikan otomotif, apabila dengan aliansi ini tujuannya dapat tercapai lebih cepat.

 

Sebelumnya, Honda juga telah melakukan kerjasama dengan pabrikan otomotif asal Amerika Serikat, General Motors. Bersama dengan General Motors, Honda akan meluncurkan dua model mobil listrik berukuran besar untuk dikembangkan bersama di Amerika Utara. Nantinya, mobil listrik yang digunakan Honda akan menggunakan baterai lithium dari General Motors.

 

Dengan mencari mitra baru dan membangun aliansi, diharapkan dapat menjadi arahan besar dalam hal peningkatan jumlah kendaraan listrik, mengingat elektrifikasi saat ini tidak layak secara komersial. Honda pun sudah berniat untuk tidak lagi memasarkan mobil dengan mesin konvensional. Meskipun secara perhitungan dasar mobil listrik kurang menguntungkan lantaran harga yang ditawarkan cukup mahal, namun seiring bertambahnya populasi mobil listrik nanti, Honda berharap dapat memberikan efisiensi dari segi harga.

 

Kehadiran Toshihiro Mibe sebagai pemimpin baru Honda Motor Co sejak April 2021 lalu, memberikan arah baru bagi Honda kepada kendaraan lisrtik. Mibe dengan tegas menunjuk kendaraan listrik dan hidrogen sebagai fokus utama pengembangan produk-produknya di masa depan. Selain itu, Honda juga akan memanfaatkan teknologi hidrogen dengan memperluas jajaran model FCV serta menggunakan sistem sel bahan bakar sebagai sumber dayanya.

 

Sejauh ini, Honda telah meluncurkan mobil listrik baterai yang diproduksi secara massal pada Agustus 2020. Selanjutnya Honda pun akan menginvestasikan sekitar 5 triliun yen atau 46,5 miliar dolar AS dalam penelitian dan pengembangan mobil listrik dan mobil hidrogen selama 6 tahun ke depan. Melalui penelitian yang dilakukan oleh team Research and Development (R&D) Honda, diharapkan akan tercipta teknologi mesin terbaru untuk masa depan yang lebih baik.

 

Komitmen Honda untuk selalu berinovasi dalam menciptakan teknologi baru demi membuat dunia menjadi lebih baik tentunya sudah tidak diragukan lagi. Tidak hanya ramah lingkungan, kecanggihan teknologi dan kualitas terbaik yang ada di setiap produk Honda menjadikan produk-produknya selalu unggul dan diminati, baik oleh konsumen baru maupun para pelanggan setia Honda.

 

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai inovasi dan produk-produk unggulan dari Honda lainnya? Tunggu apalagi! Segera hubungi Honda Arta Cikupa untuk informasi lebih lanjut mengenai produk-produk mobil Honda dengan pelayanan dealer resmi Honda yang terbaik:

 

Honda Arta Cikupa

Jl. Raya Serang Km 14.5

Desa Dukuh, Cikupa

Kabupaten Tangerang

Telp (021) 22028899

Booking 0813-9850-6874 (WA Only)

Emergency 0811-8899-052

www.honda-arta.com

 

Sumber:·   

 

 

Berita & Event Lainnya

Bagi setiap pemilik kendaraan, servis berkala merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan jika ingin kondisi kendaraannya tetap terjaga dan tahan lama. Biasanya setelah selesai melakukan servis berkala, jika Anda mengecek…
Honda HR-V merupakan salah satu produk favorit para pengguna setia Honda. Bahkan pada bulan Januari hingga November tahun 2020 kemarin, Honda HR-V masuk ke dalam 10 besar mobil terlaris di…
Kesuksesan Honda menjadi salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia tentunya tidak terlepas dari kerja keras para pendirinya yakni Soichiro Honda dan Takeo Fujisawa. Tidak seperti Soichiro yang dikenal masyarakat…