Jarang Diperhatikan, Aki Mobil Menjadi Faktor Vital Kendaraan

Jarang Diperhatikan, Aki Mobil Menjadi Faktor Vital Kendaraan

News

7 Jun 2022

Jarang Diperhatikan, Aki Mobil Menjadi Faktor Vital Kendaraan

 

Fungsi utama aki mobil diperuntukan sistem kelistrikan mobil. Dengan sistem mobil yang sudah banyak menggunakan sistem digital, peran aki bertambah vital bagi kendaraan. Terdapat dua jenis aki yang sering digunakan di Indonesia, yaitu aki basah dan aki kering. Kelebihan dan kekurangan masing-masing menjadi pertimbangan mana yang terbaik untuk digunakan di setiap jenis kendaraan. Sayangnya, kesehatan aki ini jarang diperhatikan oleh pengguna kendaraan sehingga menimbulkan permasalahan yang bisa dihindari dengan memahami dan merawat aki dengan baik.

Ketidakacuhan terhadap aki dapat menyebabkan aki tersebut tidak bekerja dengan baik. Mengakibatkan aki tidak menyimpan setrum dan kendaraan pun tidak bisa digunakan atau tidak berfungsi maksimal. Terutama untuk memutar dinamo starter. Banyak faktor yang menyebabkan aki menjadi lemah atau rusak, antara lain:

 

  1. Air Aki 

Aki tidak akan menyimpan setrum karena air aki yang sudah habis. Diperlukan pengecekan rutin agar air aki selalu tercukupi. Banyak pilihan cairan aki yang bagus untuk menjaga aki tetap awet, namun yang terpenting adalah pengecekan dan pengisian air khusus aki mobil.  

  1. Dinamo Ampere

Jadwalkan secara berkala pemeriksaan dinamo ampere kendaraan. Jika dinamo ampere bermasalah akan memicu air aki akan menguap sehingga aliran listrik terganggu dan membuat fungsi kelistrikan mobil pun tidak bekerja dengan baik. Beberapa hal bisa dilakukan untuk memeriksa kesehatan dinamo ampere antara lain dengan tes magnet, tes arus kelistrikan, periksa lampu sorot dan lampu indikator pada dashboard.

  1. Faktor usia aki

Seperti komponen mobil lainnya, aki juga punya batas usia. Usia aki  pada umumnya mencapai hingga tiga tahun. Kebanyakan jika umur aki sudah melewati masanya performanya pun akan menurun dan menjadi penyebab aki tidak lagi menyimpan setrum dan mengalirkan listrik.

 

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana mengetahui bahwa kondisi aki sudah tidak berfungsi normal. Ada beberapa cara mudah untuk mengetahuinya seperti klakson lemah, lampu meredup dan tercium bau saat mesin dinyalakan

 

Tentunya siapapun tidak ingin hal sesederhana aki menjadi permasalahan besar terutama para pengendara yang sedang dalam perjalanan jauh maupun yang dengan tingkat mobilitas tinggi. Mogok di jalan bukanlah suatu hal yang menyenangkan. Honda lovers tidak perlu khawatir dengan permasalahan ini. Honda Arta Cikupa memiliki berbagai promo menarik untuk menjaga kondisi kendaraan tetap prima termasuk perawatan aki mobil. Hindari hal-hal yang menghambat perjalanan Anda dan Segera kunjungi Honda Arta Cikupa atau hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai produk-produk Honda:

Honda Arta Cikupa

Jl. Raya Serang Km 14.5

Desa Dukuh, Cikupa

Kabupaten Tangerang

Telp (021) 22028899

Booking 0811-1232-2852 (WA Only)

Emergency 0811-8899-052

www.honda-arta.com

Berita & Event Lainnya

Putih, Warna Plat Nomor Kendaraan Terbaru   Warna Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau pelat nomor kendaraan akan mengalami perubahan di tahun 2022 seperti yang disampaikan oleh Kasubdit STNK Ditregident…

The Honda Way

News

29 July 2022
The Honda Way Keberhasilan Honda di tangan Soichiro Honda menjadi inspirasi seluruh dunia dalam membangun kerajaan bisnis. Kerja keras, determinasi dan motivasi memberikan manfaat seluas-luasnya menjadi modal utama Soichiro Honda…
Fitur Honda Civic RS Yang Belum Banyak Orang Tau   All New Honda Civic RS yang telah dipercaya tampil menjadi Safety Car dalam acara Mandalika Track Day 2022 yang berlangsung…