Honda T360, Mobil Pertama Honda Untuk Pasar Indonesia

Honda T360, Mobil Pertama Honda Untuk Pasar Indonesia

News

22 Jun 2021

Tak dapat dipungkiri, Honda kini merupakan salah satu perusahaan otomotif terbesar di Indonesia. Didirikan pada 24 September 1948 oleh Soichiro Honda di Jepang, Honda hanya butuh sebelas tahun untuk menjelma menjadi produsen sepeda motor terbesar di dunia. Kesuksesan Honda ini pun tidak terlepas dari ketekunan, keteguhan, serta kerja keras Soichiro dalam mendirikan perusahaan meski telah mengalami beberapa kegagalan. Maka tak heran, Soichiro Honda telah dinobatkan sebagai salah satu pengusaha paling berpengaruh di dunia pada abad ke-20.

 

Ekspansi besar-besaran yang dilakukan oleh Honda pun terbukti membuahkan hasil. Berkat kualitas terbaik dari produk-produknya, Honda pun dapat mengalahkan para pesaingnya dalam waktu yang singkat dan menguasai pasar di hampir seluruh negara termasuk Indonesia. Sejak pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1960, Honda langsung mengambil alih pasar otomotif yang saat itu didominasi oleh produk-produk buatan Eropa dan Amerika. Selang tiga tahun setelah masuk ke Indonesia, atau tepatnya pada tahun 1963, Honda pun meluncurkan mobil pertamanya untuk pasar Indonesia yang dinamakan Honda T360.

 

Honda T360 merupakan mobil model pick up dengan kubikasi mesin 356 cc 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 30 hp pada 8.500 rpm. Mobil mungil ini merupakan model mobil Honda pertama yang diproduksi secara massal. Keunikan mobil ini terletak pada mesinnya yang diletakan di bawah bangku atau jok sehingga semakin banyak ruangan yang dapat digunakan untuk mengangkut barang. Pada bagian depan mobil tertulis huruf “H” besar yang semakin menambah kesan unik pada mobil.

 

Dengan dilengkapi mesin mungil berkode AK250E yang dibenamkan mesin DOHC, mobil Honda T360 diklaim mampu melaju dengan kecepatan tertinggi hingga 100 km per jam. Meski mesin tersebut terkesan lemah untuk era modern, namun pada masa itu dapur pacu Honda T360 terbilang cukup superior dibandingkan dengan rival sejenis. Bahkan, beberapa di antaranya hanya memiliki tenaga setengah dari kekuatan Honda T360. Superioritas mobil mini truck pertama Honda ini ditengarai berkat mesinnya yang terinspirasi dari mesin sepeda motor .

 

Dari segi eksterior, mobil Honda T360 memiliki tampang yang cembung dan ditambah lampu utama bulat yang menjorok, serta kaca spion yang berdekatan dengan lampu utama. Jika dilihat sekilas, tampilan mobil Honda T360 ini mirip bemo atau becak motor yang merupakan angkutan umum kendaraan bermotor roda tiga. Desain dengan kesan vintage seperti ini memang sedang trend dan digemari pada masa itu.

 

Mobil Honda T360 yang diproduksi pertama kali pada Juni 1993 ini menggunakan penggerak roda belakang dan hadir dalam beberapa varian yakni flatbed (T360F), bagian sisi lipat (T360H), dan van tertutup (T360V). Selain itu hadir juga versi lain yang dinamakan “Snow Crawler”. Diberi laburan cat khas berwarna “May Blue”,  kepopuleran Honda T360 membuat pabrikan Honda sukses dari tahun 1963 sampai 1967 dengan terjual sebanyak 108.290 unit di negara asalnya.

 

Sumber:

  1. Tagar.id: Sejarah dan Perkembangan Industri Otomotif Honda.

  2. Akurat.co: Mengenal Mobil Pertama Honda, Mini Truck T360.

  3.  Liputan6.com: Mengenal Lebih Dekat Nenek Moyang Mobil Honda.

Berita & Event Lainnya

Terjadinya peningkatan kasus covid-19 di Indonesia saat ini membuat pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan PPKM darurat. Meski dianggap membatasi mobilitas dan ruang gerak masyarakat, namun penerapan peraturan ini merupakan solusi terbaik…
Demi mewujudkan pencapaian netralitas karbon dunia pada 2050 mendatang, Honda sebagai salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia, mengambil langkah besar untuk mempercepat pengembangan mesin ramah lingkungan. Honda pun memulai…
Banyaknya pekerja yang diharuskan WFH (work from home) membuat jalanan sepi dari kendaraan. Larangan untuk keluar jika tidak diperlukan dan banyaknya jalanan yang ditutup juga kian mengurangi mobilitas masyarakat. Kendaraan…