Honda Ciptakan Teknologi Artificial Intelligence untuk Cegah Kecelakaan

Honda Ciptakan Teknologi Artificial Intelligence untuk Cegah Kecelakaan

News

6 Jan 2022

Demi mencegah dan menurunkan angka kecelakaan, Honda menciptakan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence yang pertama di dunia untuk digunakan dalam teknologi keamanan berkendara di produk otomotifnya. Langkah tersebut diambil Honda untuk memperingatkan pengemudi akan bahaya lalu lintas dan kecelakaan yang mayoritas disebabkan oleh kesalahan manusia. Dengan inovasi barunya ini, Honda berharap, angka kematian akibat kecelakaan dapat berkurang bahkan hilang sepenuhnya pada 2030 nanti.

 

Teknologi artificial intelligence (AI) yang diberi nama Advanced Driver Assistance System (ADAS) ini merupakan salah satu usaha Honda untuk menghilangkan sepenuhnya resiko mobilitas bagi semua orang di jalan raya. Tidak hanya mencegah kecelakaan, teknologi ADAS ini juga dirancang untuk dapat memantau kondisi jalan raya dan kesehatan pengemudi. Melalui teknologi AI tersebut, tidak hanya menjamin keselamatan pengemudi dan penumpang, Honda juga menawarkan ketenangan pikiran setiap pengguna jalan sebagai nilai baru.

 

Salah satu bagian dari teknologi ADAS yang dikembangkan adalah Intelligent Driver-Assistive Technology yang menggunakan sensor dan kamera pemantau untuk memberikan sistem bantuan serta memeriksa pergerakan dan kesehatan pengemudi. Teknologi terbaru Honda ini dapat mendeteksi resiko mengemudi dan menentukan perilaku mengemudi yang optimal secara real time, sehingga menjaga pengemudi untuk tetap awas. Terdapat tiga cara yang digunakan oleh Intelligent Driver-Assistive Technology dalam membantu pengemudi, diantaranya adalah:

 

1.    Operational assist

Secara operational assist, Intelligent Driver-Assistive Technology menggunakan kecerdasan buatan untuk mengoperasikan setir atau pedal demi mencegah kendaraan keluar lajur atau mengurangi penundaan reaksi pengemudi.

 

2.    Cognitive assist

Sedangkan secara cognitive assist, Honda mengembangkan 3 teknologi baru yang juga menggunakan kecerdasan buatan yaitu risk indicator, 3D audio, dan seatbelt control. Pertama, risk indicator merupakan indikator lampu yang menginformasikan pengemudi akan resiko kecelakaan seperti orang menyebrang atau mobil yang terparkir di jalan. Melalui indikator tersebut, pengemudi dapat melihat dan mengetahui bahaya apa yang ada di depannya meskipun tertutup oleh kendaraan atau objek lainnya. Kedua, terdapat 3D audio yang memberikan peringatan bunyi tiga dimensional ke telinga pengemudi saat ada kendaraan datang dari sisi kiri atau kanan. Jadi, jika seorang pengemudi mencoba mengubah jalur ketika kendaraan lain mendekat dari belakang, maka mereka akan diberikan peringatan suara arah secara tiga dimensi yang berasal dari pengeras suara di dalam kendaraan. Terakhir, seatbelt control yang secara otomatis mengatur tegangan sabuk pengaman saat resiko terdeteksi. Teknologi ini juga menjadi fitur yang paling menarik dan ditunggu dari teknologi AI baru Honda.

 

3.    Wakefulness assist

Sementara itu, wakefulness assist dapat membantu pengemudi tetap terjaga serta tidak tertidur dan tidak lelah dengan diberikannya stimulus getaran dari sandaran kursi.

Pengembangan Intelligent Driver-Assistive Technology ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan dari sisi manusia, melalui teknologi fMRI yang dapat mempelajari otak pengemudi dan menganalisis perilaku dalam mengambil keputusan dengan cepat. Sebelumnya, Honda juga telah menciptakan sensasi keamanan berkendara melalui teknologi Honda Sensing yang menjadi fitur unggulan dari produk-produk barunya. Untuk kali ini, Honda berencana untuk menempatkan teknologi ADAS, termasuk kegunaannya, seperti mengencangkan sabuk pengaman atau memberikan peringatan yang dapat didengar di dalam kendaraan. Rencananya, teknologi Intelligent Driver-Assistive ini juga akan menjadi evolusi terbaru dari fitur integratif Honda Sensing.

 

Penggunaan teknologi artificial intelligence untuk cegah kecelakaan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Honda dalam mewujudkan lingkungan berkendara yang aman. Tentunya Honda tidak pernah berhenti untuk selalu berinovasi dalam menciptakan dunia yang lebih baik. Sebagai pengguna setia Honda pastinya Anda sudah tidak sabar untuk merasakan sensasi berkendara yang aman melalui Intelligent Driver-Assistive Technology ini bukan? Ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai fitur-fitur unggulan lain yang terdapat pada produk-produk Honda? Tunggu apalagi! Segera hubungi kami atau datang langsung ke Honda Arta Cikupa untuk informasi lebih lanjut mengenai keunggulan dari produk-produk Honda dan pelayanan dealer resmi Honda terbaik:

 

Honda Arta Cikupa

Jl. Raya Serang Km 14.5

Desa Dukuh, Cikupa

Kabupaten Tangerang

Telp (021) 22028899

Booking 0813-9850-6874 (WA Only)

Emergency 0811-8899-052

www.honda-arta.com

 

Sumber:

Berita & Event Lainnya

Berkendara Nyaman dengan Honda Sensing   Honda terus mengembangkan teknologinya. Honda SENSING™ menjadi paling mutakhir untuk membantu pengendara lebih aman dan nyaman di perjalanan. Setidaknya ada 6 (enam) sistem atau…
Inflator Airbag Honda Tidak Aman? Awal tahun ini, pemilik beberapa tipe mobil Honda diarahkan untuk datang ke dealer resmi Honda untuk mengecek status recall kendaraan mereka terkait sistem inflator airbag.…
Perpanjang SIM Harus Pakai BPJS? Berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) 1/2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional yang disahkan Bapak Joko Widodo pada 6 Januari 2022. Pemerintah mewajibkan kartu peserta…