Hanya Ada 3 Unit Di Indonesia, Inilah Keunggulan Dari Honda Civic Type R FK2

Hanya Ada 3 Unit Di Indonesia, Inilah Keunggulan Dari Honda Civic Type R FK2

News

11 Mar 2022

Sebagai salah satu produsen terbesar dalam industri otomotif dunia, Honda tentunya telah menciptakan berbagai produk-produk unggulan, salah satunya Honda Civic Type R FK2. Mobil Honda Civic Type R FK2 adalah mobil generasi ke 4 dari jenis Type R yang berbasis dari Civic generasi ke 9. Mobil ini juga sekaligus menjadi Civic Type R pertama yang hadir dalam wujud hatchback lima pintu. Honda sendiri merilis Civic Type R dengan kode FK2 pada tahun 2015 melalui acara Geneva Motor Show ke 85.

Produk Type R dari Honda merupakan sebuah seri dari mobil-mobil yang lebih berorientasi ke performa berkendara. Tentu saja tidak semua tipe mobil dari Honda memiliki seri Type R. Salah satu produk Honda yang memiliki Type R adalah Honda Civic, yang selalu menjadi andalan Honda hingga saat ini. Mobil Honda Civic Type R pertama kali diperkenalkan pada 1997 dengan kode EK9. Mobil ini memakai basis Civic generasi ke 7 JDM dengan mesin B16B empat silinder berkapasitas 1.600 cc VTEC dengan power 182 dk dan torsi 160 Nm.

Selanjutnya pada tahun 2001, lahir kembali Honda Civic Type R yang berkode EP3. Masih tampil dengan jenis hatchback tiga pintu, mobil Honda Civic ini dibekali mesin empat silinder dengan kode K20A2 untuk pasar Eropa dan K20A untuk pasar Jepang. Dengan transmisi manual 6-percepatan dan tenaga yang disalurkan ke roda depan, Honda Civic Type R EP3 mampu mengeluarkan tenaga sebesar 212 dk dengan torsi 167 Nm. Mobil ini bahkan dapat mencapai kecepatan 0-100 km/jam dalam waktu 6,2 detik, dengan top speed 226,9 km/jam.

Selang 6 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2007, Honda kembali merilis Civic Type R dengan kode FD2 untuk pasar Jepang. Berbeda dengan versi sebelumnya, Honda Civic Type R kali ini berbentuk sedan empat pintu dengan spoiler belakang yang membuat tampilannya lebih terkesan racy. Berbekal mesin K20A berkapasitas 2.000 cc empat silinder dengan transmisi manual 6-percepatan, tenaga yang dihasilkan Honda Civic Type R FD2 mencapai 222 dk dan torsi 215 Nm yang disalurkan ke roda depan. Dengan mesin tersebut, mobil ini dapat melaju hingga 0-100 km/jam dalam 6 detik dengan kecepatan tertinggi di 239,7 km/jam.

Pada tahun yang sama, Honda juga merilis Honda Civic Type R dengan kode FN2 untuk pasar Eropa dan Internasional. Tidak seperti saudaranya FD2 yang dirilis untuk pasar Jepang, Honda Civic Type R FN2 ini berbentuk hatchback tiga pintu, dengan spoiler belakang yang semakin membuatnya terlihat agresif. Ditanamkan mesin berkode K20Z4 dengan kapasitas 2.000 cc, mobil yang ditujukan untuk pasar Eropa ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 198 dk dengan torsi 193 Nm. Honda Civic Type R dapat mencatat kecepatan tertinggi hingga 234,9 km/jam dan mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 6,4 detik.

Setelah sukses menarik para penggemar otomotif dengan varian Civic Type R nya, pada tahun 2015 Honda akhirnya kembali merilis Type R baru berkode FK2. Kali ini, Type R dari Honda Civic kembali ke bentuk hatchback namun dengan konfigurasi lima pintu. Menggunakan mesin berkode K20C1 dengan empat silinder dan turbo, serta jantung pacu 1.996 cc, Honda Civic Type R FK2 mampu melontarkan tenaga sebesar 308 dk pada 6.500 rpm dan torsi maksimum 400 Nm pada 2.500 sampai 4.500 rpm. Melalui mesin yang dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan tersebut, Civic Type R FK2 ini dapat mencapai kecepatan maksimum di 270 km/jam dan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 5,7 detik.

Tidak hanya itu, Honda Civic Type R FK2 juga dilengkapi dengan salah satu teknologi unggulan ciptaan Honda yakni Earth Dream Technology, yang merupakan mesin ramah lingkungan yang dapat meningkatkan performa dalam mengemudi yang lebih baik serta tingkat efisiensi bahan bakar yang lebih irit. Teknologi lain yang tak kalah menarik adalah sebuah racikan khusus di suspensi depan bernama Dual Axis Strut Front Suspension. Sistem mekanikal ini menerapkan knuckle dan strut yang dibuat terpisah, knuckle bertugas menerima input dari setir sedangkan strut akan membaca kondisi jalanan.

Belum lagi sisi eksterior dari Honda Civic Type R FK2 yang dapat membuat para penggemarnya jatuh hati. Pelek besar berdiameter 19 inci berwarna hitam dengan ban Continental Sport Contact dari Eropa yang andal menambah kesan mewah dari mobil sedan andalan Honda ini. Selain itu, Civic Type R FK2 juga memiliki jumlah knalpot standar terbanyak dibandingkan Civic Type R lainnya dengan jumlah 4 buah. Sedangkan pada sisi interior, gear shift indicator ditata ulang bentuknya menyerupai mobil F1. Kini, penumpang belakang pun tidak perlu masuk melalui akses sempit ke kabin belakang, berkat kehadiran pintu belakang di Honda Civic Type R FK2.

Dengan semua keunggulan dari mobil Honda Civic Type R FK2 ini, maka tak heran mobil langka ini menjadi incaran para penggemar otomotif khususnya pecinta produk Honda. Bahkan, tak jarang dari mereka rela merogoh kantong lebih dalam untuk mendapatkan mobil impiannya ini meski berstatus mobil bekas. Sayangnya, mobil Honda Civic Type R FK2 tidak diproduksi di Indonesia melainkan built up (completely build up/CBU) atau didatangkan secara utuh (impor). Mobil Honda Civic Type R FK2 merupakan produksi langsung dari United Kingdom (UK/Inggris) dan Cuma ada 2.500 unit di dunia serta hanya ada 3 unit di Indonesia.

Wah menarik sekali ya salah satu produk unggulan Honda Civic Type R FK2 ini. Mobil limited edition dari Honda ini tentunya menjadi salah satu mobil impian Anda ya. Namun, jika mobil langka dari Honda ini sulit untuk didapatkan, Anda pun tak perlu khawatir. Berbagai keunggulan tersebut juga terdapat di All New Honda Civic Type R yang akan segera diluncurkan pada tahun ini loh. Jadi tunggu apalagi! Segera datang ke Honda Arta Cikupa atau hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai produk All New Honda Civic atau produk-produk unggulan Honda lainnya:

Honda Arta Cikupa

Jl. Raya Serang Km 14.5

Desa Dukuh, Cikupa

Kabupaten Tangerang

Telp (021) 22028899

Booking 0813-9850-6874 (WA Only)

Emergency 0811-8899-052

www.honda-arta.com

 

Sumber:

Berita & Event Lainnya

Diskon PPnBM 2022 Resmi Diperpanjang

News

4 September 2022
Diskon PPnBM 2022 Resmi Diperpanjang   Pemerintah resmi memperpanjang diskon PPnBM mobil baru di tahun 2022. Melalui Kementerian Keuangan melanjutkan perpanjangan diskon PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah) untuk mobil baru…
Masih Jadi Andalan, Harga Jual Honda Brio Masih Tinggi Pada tanggal 17 Agustus 2022, Honda Brio resmi berumur 10 tahun. Perayaannya yang dilakukan oleh PT Honda Prospect Motor dan sejumlah…
Teknologi Hybrid dari Honda, Transisi Menuju Elektrifikasi di Indonesia   Pada ajang GIIAS 2022 Honda mengumumkan visi elektrifikasinya. Pengumuman yang ditandai dengan rencana untuk memperkenalkan dua model e:HEV di Indonesia…