Fokus Dalam Pengembangan Mobil Ramah Lingkungan, Honda Hentikan Produksi Honda NSX Mulai Tahun Depan

Fokus Dalam Pengembangan Mobil Ramah Lingkungan, Honda Hentikan Produksi Honda NSX Mulai Tahun Depan

News

13 Aug 2021

Sebagai bagian dari upaya Honda untuk fokus mengembangkan mobil ramah lingkungan, Honda Motor Co., akan mengakhiri produksi mobil sport mewah NSX pada bulan Desember 2022 mendatang. Keputusan ini diambil Honda dengan meninjau terlebih dahulu produk yang kurang menguntungkan dalam catatan penjualan sebelumnya. Langkah tersebut dilakukan sebagai rencana Honda untuk meningkatkan proporsi kendaraan listrik dan sel bahan bakar secara bertahap di pasar utama, seperti Jepang, Amerika Serikat, Eropa dan China, dengan target 40% pada 2030 dan 80% pada 2035 dalam total penjualannya.

 

Mobil Honda NSX ialah mobil sport mid-engine yang awal mulanya merupakan hasil kolaborasi Honda dengan rumah desain Pininfarina berkonsep HP-X (Honda Pininfarina Experimental). Konsep tersebut berkembang hingga kemudian namanya berubah menjadi NSX yakni singkatan dari New Sportscar X (X adalah referensi ke matematika simbol X, yang merupakan singkatan dari variabel yang tidak diketahui atau unknown). Dipasarkan dengan nama Acura NSX di Amerika Utara, salah satu mobil mewah andalan Honda ini pertama kali dijual ke pasar pada tahun 1990 dan langsung populer di kalangan mobil sport mewah.

 

Ide pembuatan dari Honda NSX ini dimulai sejak tahun 1984, dimana Honda melalui tim R&D nya, bereksperimen dengan layout mesin dan sasis Honda, salah satunya prototype Honda City yang dipotong setengah dengan mesin ditaruh di belakang kemudi untuk menggerakkan roda belakang. Meski proyek tersebut tidak menjadi produk nyata, namun ide untuk membuat sebuah sports car mid-engine pun muncul. Honda NSX ini sendiri lahir dari ambisi Soichiro Honda untuk menciptakan sebuah model mobil sport mewah yang dapat mengungguli jajaran mobil sport di kelasnya, tentunya dengan reabilitas yang lebih superior dan harga yang lebih murah.

 

Desain mobil Honda NSX sendiri terinspirasi dari desain jet tempur F-16, baik konsep eksterior maupun interiornya. Salah satunya ialah peletakan kokpit di bagian depan mobil dekat powertrain yang mengoptimalkan visibilitas, sementara desain buntut yang panjang menstabilkan mobil pada kecepatan tinggi. Hingga saat ini, Honda NSX telah memiliki dua generasi yakni NA (1990-2005) dan NC (2016-sekarang). Harga yang dibanderol untuk satu unit mobil Honda NSX saat ini dari mulai 24,2 juta yen (sekitar Rp.3,1 miliar) dan diproduksi di Amerika Serikat pada tahun 2016 sebagai kendaraan bermesin hybrid.

 

Setelah hampir 31 tahun meramaikan pasar mobil sport dengan fiturnya yang super lengkap, kini Honda memutuskan untuk menghentikan produksinya mulai tahun depan. Sebelum berhenti diproduksi, Honda akan merilis model terakhir dari mobil yang didesain dengan cita rasa Italia namun dengan harga murah khas mobil Jepang ini. Model NSX Type S akan menjadi model terakhir dari Honda NSX generasi kedua yang dijual secara khusus dan terbatas hanya 350 unit kendaraan, termasuk 30 unit di Jepang. Mobil NSX Type S ini dibekali dengan peningkatan performa serta desain yang lebih agresif dibandingkan tipe sebelumnya.

 

Dengan dihentikannya produksi Honda NSX, Honda akan memusatkan sumber daya manajemennya untuk penelitian pengembangan kendaraan listrik. Pengalihan produksi untuk kendaraan ramah lingkungan juga dilakukan Honda agar dapat berpartisipasi dalam program dekarbonisasi dari pemerintah. Tidak hanya Honda, hampir semua pabrikan otomotif di seluruh dunia pun melakukan hal yang sama demi mempercepat elektrifikasi mobil di masa mendatang untuk lingkungan dan kehidupan yang lebih baik lagi.

 

Wah tentunya anda tidak ingin ketinggalan Honda NSX tipe khusus yang akan dirilis sebentar lagi ya. Komitmen Honda untuk selalu berinovasi dalam menciptakan teknologi baru demi membuat dunia menjadi lebih baik juga tentunya sudah tidak diragukan lagi. Tidak hanya ramah lingkungan, kecanggihan teknologi dan kualitas terbaik yang ada di setiap produk Honda menjadikan produk-produknya selalu unggul dan diminati, baik oleh konsumen baru maupun para pelanggan setia Honda.

 

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai inovasi dan produk-produk unggulan dari Honda lainnya? Tunggu apalagi! Segera hubungi Honda Arta Cikupa untuk informasi lebih lanjut mengenai produk-produk mobil Honda dengan pelayanan dealer resmi Honda yang terbaik:

 

Honda Arta Cikupa

Jl. Raya Serang Km 14.5

Desa Dukuh, Cikupa

Kabupaten Tangerang

Telp (021) 22028899

Booking 0813-9850-6874 (WA Only)

Emergency 0811-8899-052

www.honda-arta.com

 

Sumber:

 

Berita & Event Lainnya

Bagi setiap pemilik kendaraan, servis berkala merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan jika ingin kondisi kendaraannya tetap terjaga dan tahan lama. Biasanya setelah selesai melakukan servis berkala, jika Anda mengecek…
Honda HR-V merupakan salah satu produk favorit para pengguna setia Honda. Bahkan pada bulan Januari hingga November tahun 2020 kemarin, Honda HR-V masuk ke dalam 10 besar mobil terlaris di…
Kesuksesan Honda menjadi salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia tentunya tidak terlepas dari kerja keras para pendirinya yakni Soichiro Honda dan Takeo Fujisawa. Tidak seperti Soichiro yang dikenal masyarakat…