Acura, Merk Mobil Mewah Pertama Kebanggaan Honda

Acura, Merk Mobil Mewah Pertama Kebanggaan Honda

News

7 Feb 2022

Meski industri otomotif saat ini diramaikan oleh persaingan dari segmen kendaraan kelas Low Cost Green Car (LCGC), namun nyatanya kemunculan dan kehadiran mobil mewah tetap disambut dengan antusias oleh masyarakat. Tak terkecuali Honda. Walaupun dikenal dengan keunggulan produk-produk LCGC nya, tetapi produk mobil mewahnya menjadi kebanggaan tersendiri bagi Honda. Salah satunya adalah Acura.

 

Acura merupakan merek kendaraan mewah pertama asal negeri Sakura yang juga merupakan divisi mobil mewah dari Honda. Kemunculan Acura sendiri dimulai saat Honda berkeinginan untuk dapat bersaing pada pasar kendaraan mewah dan mengalahkan para produsen mobil mewah lainnya. Meski tumbuh di saat segmen kendaraan mewah masih dianggap remeh, Acura dengan berani hadir sebagai merek mobil mewah Jepang premium pertama yang tidak hanya mendefinisikan kemewahan, tetapi secara permanen mengubah pasar kendaraan mewah yang lemah hingga berevolusi menjadi pasar yang sangat kompetitif.

 

Menilik sejarah, pembuatan merk Acura dimulai pada tahun 1986 ketika pabrik perakitan American Honda Motor Co. didirikan di California pada musim semi. Seiring berjalannya waktu pabrik tersebut pun diubah menjadi fasilitas manufaktur untuk produksi mobil Acura. Setelah melakukan penelitian dalam jangka waktu yang tidak singkat akhirnya merk Acura diperkenalkan untuk pertama kali pada bulan Maret 1986 di Amerika dan Kanada. Honda pun kemudian secara aktif mempromosikan merek Acura dan meresmikan 60 dealer mobil baru di seluruh Amerika Utara pada tahun yang sama untuk membantu divisi Acura.

 

Dalam waktu kurang dari setahun, Acura pun sukses meraih keberhasilan pertamanya dengan produk Acura Legend dan Integra. Kedua produk tersebut merupakan Acura pertama yang segera mendapatkan popularitas di pasar otomotif. Kesuksesan ini bahkan berhasil menarik perusahaan terkenal seperti Lincoln. Langkah berani Honda inipun menginspirasi produsen lain untuk ikut memproduksi mobil sport dan mobil mewah yang ternyata banyak diminati di pasaran. Bahkan, pada tahun 1987, Acura Legend masuk ke dalam daftar 10 besar mobil terbaik dalam tiga tahun terakhir dan mendapat gelar Mobil Import Terbaik.

 

Model Legend dikenal sebagai mobil yang memiliki bodi sedan dengan mesin bertenaga kuat. Versi modern pun dirilis dengan bodi coupe dan menjadi mobil pertama yang dilengkapi mesin V6 yang mampu melaju hingga 100 km/jam dalam 7 detik dengan kecepatan maksimumnya yang mencapai 220 km/jam. Sedangkan model Integra pertama memiliki bodi coupe dengan pilihan 3 dan 5 pintu serta dilengkapi mesin bertenaga kuda yang kuat. Selanjutnya versi modernnya pun diproduksi dengan bodi sedan dan versi sport dengan bodi coupe.

 

Setelah berhasil dengan produk pertamanya, lima tahun kemudian Acura pun memperkenalkan produk selanjutnya yaitu Acura NSX. Nama NSX sendiri merupakan singkatan dari New Sports Experimental. Acura NSX menjadi mobil sport pertama yang memperkenalkan teknologi VTEC Honda dan menggunakan aluminium sebagai bahan produksinya, sehingga secara signifikan dapat mengurangi bobot kendaraan. Mobil sport dengan bodi coupe ini pun didukung dengan mesin V-6 berpenggerak roda belakang yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 255 hp.

 

Pada tahun 2000 Acura pun memperkenalkan beberapa model-model mobil mewahnya yang baru, seperti Acura MDX dan The Acura 3.2 TL. Acura MDX sendiri menjadi crossover SUV pertama dengan standar tiga baris penumpang. Sedangkan The Acura 3.2 TL merupakan model kelas atas dari sedan pertama yang diluncurkan. Kemudian pada tahun 2002 saat produksi kendaraan off-road juga di modernisasi, Acura pun mengambil tempat istimewa di industri otomotif untuk produksi kendaraan off-road.

 

Selanjutnya pada tahun 2004, Acura kembali memperkenalkan model TL baru yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 270 hp. Hal ini menjadi inovasi pertama dan merupakan salah satu alasan terjadinya peningkatan penjualan secara dramatis, bahkan mencapai angka lebih dari 70.000 unit pada tahun 2005. Pada tahun yang sama, Acura juga memperkenalkan generasi keduanya yaitu Acura RL yang merupakan pembaharuan dari versi generasi keempat Acura Legend. Acura RL memiliki style yang lebih menarik dan mesin V-6 yang telah ditingkatkan.

 

Mulai dari tahun 2007 hingga tahun 2014, Acura pun melakukan pembaharuan dari beberapa model terdahulunya seperti Acura TL, Acura RL, dan Acura MDX. Pada akhir tahun 2014, Acura akhirnya meluncurkan sedan sport terbaru yang dikenal dengan nama Acura TLX. Produk baru dari Acura ini diperkenalkan untuk pertama kalinya pada gelaran New York International Auto Show dan mulai diproduksi pada bulan Agustus 2014. Acura TLX dilengkapi dengan berbagai fitur yang inovatif dan menarik, berkapasitas 2.400 cc dan 3.500 cc untuk model V-6, serta sistem transmisi dan sistem kemudi yang baru.

 

Acura lahir dari semangat, kerja keras, dan dedikasi dari para insinyur Honda yang tak henti selalu berinovasi untuk membuat karya terbaik. Muncul dengan merek Acura, Honda menjadikan dirinya sebagai produsen otomotif Jepang pertama yang berhasil masuk ke pasar mobil mewah di luar negeri. Sebelum Acura, mobil Jepang yang diekspor lebih mengutamakan pada desain yang sederhana dan harga yang murah daripada sebuah produk mobil mewah. Hingga kini, Acura terus berkomitmen untuk mengembangkan kendaraan mewah yang baru dan inovatif agar dapat bersaing dengan produsen lainnya khususnya di Amerika dan Eropa. Terbukti, Honda melalui Acura berhasil bersaing dengan menawarkan mobil mewah yang sangat terjangkau.

 

Wah menarik sekali ya sejarah mengenai Acura, merek mobil mewah pertama yang menjadi kebanggaan Honda. Tentunya keunggulan dari produk-produk Honda memang tidak perlu diragukan lagi ya. Penasaran dengan berbagai produk unggulan Honda lainnya? Tunggu apalagi! Segera datang ke Honda Arta Cikupa atau hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai keunggulan dari produk-produk Honda. Untuk dealer dengan pelayanan terbaik:

 

Honda Arta Cikupa

Jl. Raya Serang Km 14.5

Desa Dukuh, Cikupa

Kabupaten Tangerang

Telp (021) 22028899

Booking 0813-9850-6874 (WA Only)

Emergency 0811-8899-052

www.honda-arta.com

 

Sumber:

Berita & Event Lainnya

Honda tidak hanya dikenal sebagai salah satu produsen otomotif terbesar di dunia, namun juga perusahaan yang selalu berinovasi dalam menciptakan teknologi-teknologi unggulan yang dapat membawa dunia menjadi lebih baik. Nah…
Meski PT Honda Prospect Motor (HPM) telah menghentikan produksi Honda Jazz di Indonesia pada 2021 lalu, namun nyatanya mobil hatchback ini masih tetap diminati. Para penggemar setia Honda Jazz ini…
Baru saja debut, All New Honda HR-V 2022 pun langsung diserbu oleh para penggemarnya yang sudah tak sabar menantikan kehadiran salah satu mobil unggulan Honda ini. Kehadiran Honda HR-V terbaru…